Passion = Karawitan (?)

Januari 05, 2012

Happy New Year 2012!

Posting pertama di tahun ini. Baru saja mereview apa saja yang terjadi di tahun 2011. Banyak hal pastinya. Tapi ada satu hal yang membuat saya sadar bahwa tahun lalu bukanlah tahun yang sia-sia. Memang sebenarnya ndak ada hal yang sia-sia. Lebih tepatnya mungkin..berarti. Apa yang membuat 'berarti'?

Beberapa waktu lalu saya posting tentang Karawitan. Ya di situlah letak berartinya tahun 2011 bagi saya. Kenapa? Kalau sudah baca posting yang sebelumnya itu, pasti tahu ada apa saya dengan Karawitan.

Ndak ada satu tahun saya belajar karawitan. Awalnya juga cuma karena biar lulus mata kuliah karawitan. Bahkan pernah bolos latihan sebulan. Begitu hari Senin atau Kamis sore datang, otak isinya: "Berangkat latian ga yaa~..." "Mbok ujan ajaa..biar ga latian.." dsb. Pokoknya rasa malas itu musuh terberat saya.

Belum kalau nanti pas latian yang datang hanya berdua atau bertiga. Rasanya ndak semangat blas. Tambah kalau salah memainkan nadanya, seperti salah nabuh titilaras dsb, mesti didukani (dimarahi) sama Romo Rejo Mulyo dan Romo Endro. Jangan mentang-mentang beliau sudah sepuh njuk ndak bisa mbentak-mbentak. Justru bentakan beliau lebih dahsyat dari bentakan guru/dosen..hehe

Perlu pengorbanan yang banyak memang. Entah kenapa walaupun rasa malas selalu ada tapi saya tetep melawan...(nggayaa). Hujan deras seperti apa juga saya tetap berangkat. Bukan berarti kalau hujan ndak ada yang ngajar lho ya..beliau berdua itu selalu standby! Bukan guru sejati kalau kalah sama hujan badai \m/

Sampai pada akhirnya saya dapet passion. Rasanya kalau ndak nabuh itu..hampa..halah, ndak sih, lebih kepada untuk mendapat mood yang bagus. Itu, saya suka karawitan ya karena itu. Kalau habis nabuh (memainkan) gamelan itu bawaannya enak mood nya. Serius deh...

Alhamdulillah..karena diniati, saya berhasil lulus tingkat satu. Baru tingkat satu men. Dibutuhkan perjuangan ekstra. Seminggu sebelum ujian, saya dan Andri temen saya, rajin ikut latian tambahan di Puro Pakualaman. Padahal waktu itu cuaca lagi ndak asik. Panasnya bisa buat nggoreng tempe sampe mateng. Ndak papa deh, demi. Waktu itu fokus belajar ngendhang. Ibarat sebuah grup, posisi kendhang itu adalah leader. Jadi ya susah-susah gampang..

Waktu ujian tiba, benar-benar pasrah. Ndak nyangka suasananya bakal formal banget kayak ujian pendadaran. Saya mulai ujian dengan posisi nabuh gong dan kempul. Ada beberapa yang missing, tapi ndak apa deh :p
Setelah itu, baru deh saya ngendhang. Deg-degan. Pertama saya main gangsaran-lancaran Manyar Sewu. Sukses! Spontan saya menengok kearah Romo Endro setelah nabuh gangsaran-lancaran selesai..dan beliau tersenyum sambil mengacungkan jempol. Men, rasanya seneng loh walopun cuma diacungin jempol. Puas gitu rasanya. Romo pun kayaknya seneng saya bisa sukses di part ini.

Lanjut nabuh ketawang Puspawarna. Alhamdulillah yang ini juga sukses..seneng pokoknya. Ketiga, ladrang Sigramangsah. Ini nih, saya ndak pernah bisa transisi dari irama 2 ke irama 1. Ndak papa deh..missing sedikit..fufu

Overall, banyak missing di sana-sini. Waktu nabuh bonang barung manyar sewu aja saya sebagian besar missing...sedih...gara-gara kepekannya ketinggalan..fufu
Tapi, bisa melewati itu semua adalah kelegaan tersendiri. Puas. Ndak sia-sia. Dulunya ndak bisa, jadi bisa. Itu sukses menurut saya :)

Pengumuman nilai dilaksanakan saat itu juga. Alhamdulillah B+ dengan poin 787 kalau ndak salah. Nilainya seri sama Mas Bangun, tapi lebih manteb Mas Bangun. Dia baru 3 bulan gabung, ikut ujian bisa dapet B+. \m/

Hari berikutnya, saya nonton ujian yang tingkat lanjut. Keren-keren. Kayaknya mereka udah kelonan kendhang gitu tiap hari.. -___-
Berniat join tingkat lanjut..tapi masih pikir-pikir waktu itu...

Hari berganti, tahun 2012 masuk hari ke 4. Saya dapat telepon dari Romo Endro, beliau mengingatkan kalau kelas lanjut udah mulai nanti sore. Dalam hati, Romo, saya pengen ikut tingkat lanjut..tapi mungkin ndak sekarang. Begitu Romo mengakhiri pembicaraan di telpon, saya berpikir ulang. Besar harapan Romo biar aku sama Andri ikut tingkat lanjut. Touchy......I dont want to make him upset..

Akhirnya, saya bergabung di tingkat lanjut. Pengajar intinya bukan Romo Endro. Ketika itu cuma saya sama Pak Ratno. Hanya dua orang. Sepi sekali rasanya. Sedih. Ndak ada semangat. Ah, apakah aku harus berhenti atau tetap bertahan dengan segala kondisinya? I dunno....I wanna keep going on...


Romo Endro, kedua dari kanan

You Might Also Like

1 komentar

  1. Semangat nabuh ya! I'm proud of you too...jadi pengen ndenger kamu nggamel deh ;)

    BalasHapus

Subscribe