Mencari Bau

Desember 07, 2016



Kemarin, sedari sore saya berniat datang ke studio Hasta Craft, ke tempat Mbak Shinta. Tapi karena hujan badai, saya baru bisa berangkat setelah hari gelap sekitar pukul tujuh malam. Ngapain ke studio Hasta?
Menghampiri Mbak Shinta, karena kami mau ke kantor pos untuk mengirimkan doa buat bangsa Indonesia biar damai selalu—amin—kami mau mengirimkan dua buah paket berisi pesanan pelanggan.


“Dik, maaf ya lama nunggu, tadi nyari botol parfum enggak ketemu-ketemu soalnya.”

“Nggakpapa, Mbak. Nanti aku bantu search di google deh. Pasti ketemu.”


Oke, kalimat jawaban saya itu hanya ada di dalam kepala saya bukan di dalam botol parfum. Kami pun berangkat menuju ke kantor pos. Setelah dari kantor pos, kami menuju toko yang jualan hijab. Itu karena Mbak Shinta ingin membeli hijab untuk dipadu-padankan dengan kebaya kondangan. Sepertinya saya enggak usah cerita panjang soal  kami ngapain aja di toko itu selain beli hijab. Biar ceritanya cepat selesai.

Setelah dari toko hijab, kami menuju warung makan. Warung makanan yang menyediakan hidangan mi yang katanya dari Jakarta padahal dari dulu ke tengah jalan aja enggak berani, karena di pinggir jalan terus. Setelah makan, kami berniat balik ke studio Hasta di planet MBS.

Seperti biasanya, di jalan saat memboncengkan Mbak Shinta, pasti kami ngobrol panjang lebar. “Panjaang lebaarr.. panjaang lebaarr..” enggak, bukan seperti itu. Kami mengobrol tentang banyak hal. Entah kenapa saya selalu bisa satu frekuensi dengan kakak satu ini soal obrolan. Mau ngobrol serius dan berat soal menghargai karya, keresahan soal orang-orang yang meributkan perbedaan agama, pengaruh pendidikan dan budaya dalam keluarga terhadap pembentukan karakter orang—kayak judul skripsi ih—,soal  beras satu ton, sapi dua kuintal, nah kan berat obrolan kami. Sampai obrolan tentang kekecewaan tempat printing langganan kami kualitas cetaknya menurun. Duh syedih.

Salah satu obrolan random kami di jalan yaitu kembali pada pernyataan Mbak Shinta di awal tadi. Parfum. Mbak Shinta menyampaikan keinginannya untuk segera mengisi ulang parfumnya yang sudah habis. Saya jadi ingat saya juga kehabisan parfum. Mbak Shinta pun menyarankan saya beli parfum di kios parfum suntikan dekat kantor pos tempat kami mengirim paket tadi. Saya pun meng-iya-kan saran Mbak Shinta. Saat Mbak Shinta sedang asik menjelaskan perbandingan harga parfum di kios tersebut dan di kios lain. Saya nyeletuk:


“Mbaaakk!” dijawab Mbak Shinta, “Ada apa, Dik??”

Tanpa menjawab pertanyaan Mbak Shinta saya menambah kecepatan laju motor saya.

“Ini, Mbak! Enak nih bau parfumnya! Mau beli yang kaya gini nanti!” teriak saya, sambil mengendalikan laju kecepatan motor di belakang embak-embak yang beraroma wangi enak.

“Hah?? Kaya gimana??” Mbak Shinta masih kurang paham dengan maksud saya.

“Iniih~ kaya mbaknya yang di depan kita iniiiih...” saya menegaskan

“Lhooo? Kamu ngebut tiba-tiba tuh karena ngejar mbaknya ini? Mbaknya kayanya tau deh kamu ngikutin dia!” kata Mbak Shinta.

“Biariiin~ udah kecium wanginya? Kaya gini nih, Mbak! hhhhmmmmhh~ Henaaaak baunyaaa~” saya terlena sendiri oleh bau parfum mbak-mbak di depan saya. Hahaha.


Saya dan Mbak Shinta akhirnya memutuskan untuk kembali ke kios parfum di samping kantor pos. Saat tiba di sana, kios sudah mau tutup. Kurang tiga menit kata mbak penjaga kiosnya.

“Mbak! Jangan tutup dulu ya, saya mau balik ambil botol parfumnya dulu. Pliisss.. Mbak jangan tutup dulu ya!” Mbak Shinta memohon ke mbak yang jaga toko. Disambut dengan jawaban iya dan senyum manis si mbaknya yang jaga toko.


Benar, kios masih buka dan kami pun memilih bau-bauan yang kami inginkan di antara buanyak bau-bauan menyengat yang ada. Mbak Shinta langsung tahu ingin parfum seperti apa karena botol parfum punya dia masih ada bekas bau parfum dia. Botol parfum punya saya cuma dikasih pinjam Mbak Shinta. Botol bekas air buat nyemprot kaktus. Dan saya masih harus mencari bau parfum seperti punya mbak-mbak di jalan tadi.

Saya sampai membaui satu persatu sample parfum yang ada di keranjang kecil di atas etalase kios. Mbaknya yang jaga kios senyam-senyum aja ngeliatin saya. Sebenarnya mbaknya ini sudah kasih rekomendasi wangi parfum yang banyak disukai orang. Tapi saya nggak mau. Saya maunya kaya punya mbak-mbak di jalan tadi! Hidung saya sampai kebal sama bau wangi. Saya membaui kopi yang ada di wadah seperti mangkok plastik biar hidung saya netral lagi dan bisa lanjut membaui aroma parfum yang lain. Satu-satu saya baui. Saya kecewa karena saya enggak nemu wangi kaya mbak-mbak di jalan tadi.


“Kayanya ini yang paling mirip sama wangi mbaknya tadi deh, Mbak,” saya kasih botol sample bertutup ungu ke Mbak Shinta untuk dia baui wanginya.

“Oooh kaya gini to baunya..” Mbak Shinta yang tadinya tidak sempat membaui wangi parfum mbak-mbak di jalan tadi nampaknya mulai paham dengan wangi yang saya maksud.

“Enak ini baunya. Ini aja gitu?” tanya Mbak Shinta yang kemudian saya jawab dengan anggukan.


Si mbak yang jaga kios pun meramu takaran parfum yang kami inginkan untuk dimasukkan ke botol yang sudah kami bawa. Selesai diramu, saya sedikit menyemprotkan parfum ke lengan baju saya dan menggosok-gosokkannya ke lengan saya yang satunya.


“Mbak! Ininih wangi mbaknya yang di jalan tadi!” seru saya.

“Coba sini.... hhhmmmmhhhhh... enaaaak yaaa baunyaaaa....”


Mbak penjaga kios parfum senyam-senyum aja gitu ngelitain kami yang kegirangan sendiri cuma gara-gara wangi parfum. Ah, saya dan Mbak Shinta memang gitu orangnya, mudah bahagia bahkan ketika cuma habis isi ulang parfum. Huehehehe.

“Wah senang ya bisa langsung nemu wanginyaa..” Mbak Shinta berkomentar.

“Hooh~ senaaaang... aduh jadi ingin nulis ini..” ucap saya spontan.

“Tuliiis~ mumpung masih anget!”




Yak. Dan jadilah tulisan ini.
Seperti apa sih bau parfumnya? Sini ketemu saya biar tahu wanginya kaya apa. Hahaha. Nggak penting yah. Biarin, saya memang pemerhati hal remeh macem bau parfum sampai bau keringat orang. Hahahaha. Bangga saya~ Apa manfaat dari baca tulisan ini? Paling tidak teman-teman jadi tahu saya habis beli parfum baru. Hahaha. Dan serandom apapun keinginanmu, kalau kamu yakin bakal mendapatkannya, plus langsung usaha untuk mau mendapatkannya, pasti kesampaian, dan jadi senang! Cieh~


Duh maap enggak ada foto yang mendukung. Maaf juga ilustrasinya ngasal, biar ada aja sih. Muah~

You Might Also Like

2 komentar

  1. Coba deskripsikan baunya Meng, aku ki lho penasaran wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emmm wanginya manis kembang-kembang gitu Mbaak~ *nyanyi lihat kebunku* hahaha

      Hapus

Subscribe