(M)Bonceng

November 08, 2016



Bonceng /bon·ceng/ /boncéng/ v, membonceng/mem·bon·ceng/ v 1 ikut naik (kendaraan beroda dua)


Halo! Wah lama juga ya saya tidak menulis di blog ini. Ya sudah, sekarang saya isi nih..isi angin. Halah. Jadi tadi saya terlintas sebuah ide, hasil renungan perjalanan lima menit dari kawasan Tugu Jogja menuju planet Namec naik kompresor. Hehe.


Sebagai orang yang sejak lahir tinggal di Jogja, tentu saya belum pernah ke Somalia. Halah, tentu saya cukup familiar dengan segala jenis transportasi baik umum maupun pribadi di Jogja. Dulu semasa SD-SMA saya masih sering naik yang namanya bus kota, KOBUTRI (sejenis angkot), dan juga becak. Kemudian muncul namanya Trans Jogja, kalau yang satu ini, seingat saya, saya baru dua kali naik, itu juga cuma karena iseng rame-rame diajak teman-teman saya karena saya belum pernah naik. Hahaha. Sisanya saya lebih banyak naik sepeda dan motor.


Empat orang dari lima orang tersebut baru pertama naik Trans Jogja waktu itu~

Sebelum bisa mengendarai motor, saya kemana-mana ya dibonceng. Saya baru bisa dan boleh mengendarai motor saat kelas 12 SMA. Sebelum itu, saya anak sepedah banget. Bisa baca di sini kisah saya sebagai manusia sepeda, search sendiri yaa ada banyak tulisan soalnya (maafkan juga kalau tulisan saya waktu itu masih kurang enak dibaca hehe). Kembali ke saat-saat saya masih sering dibonceng. Waktu SD-SMP saya dibonceng bapak berangkat ke sekolah. Saat SMA berangkat sekolah dibonceng kakak. Kadang juga saya dibonceng ibuk saat dijemput pulang sekolah sewaktu SMP-SMA. Saat SMA kelas 10-11 saya juga banyak mbonceng teman-teman saya untuk keperluan tertentu.

Pada saat saya belum bisa mengendarai motor sendiri, berarti saya rame-rame, enggak, saya suka nggak nyaman dan enggak enak kalau harus membonceng teman untuk kemana-mana. Suka kasihan aja gitu sama teman-teman saya, apalagi ke teman sesama perempuan yang kebanyakan posturnya lebih mungil dari pada saya. Sayanya berat katanya. Hehe. Kalau ke teman laki-laki mah bodo amat, saya nebeng ya nebeng. Tapi jarang sih nebeng mereka. Hehe.

Setelah saya bisa mengendarai motor sendiri, sebisa mungkin saya yang bawa motor nyetir di depan dengan siapapun kecuali dengan salah satu anggota keluarga saya. Terutama ibuk, beliau jarang pernah mau saya bonceng. Ibuk lebih suka memboncengkan saya.

Saya pernah punya pengalaman buruk dibonceng. Enggak buruk-buruk banget sih. Ada ceritanya di blog ini. Tapi saya mau cerita lagi deh di postingan ini.

Jadi waktu itu, saya dan beberapa teman berencana survey sebuah tempat untuk makrab mahasiswa baru. Tempatnya waktu itu di daerah Imogiri. Itu tuh, kebun buah Mangunan yang sekarang jadi tempat hits buat nonton sunrise. Itu tempat di puncak bukit gitu. Kami serombongan berangkat ke sana bonceng-boncengan naik motor. Waktu itu saya dibonceng si Hefri, karena Hefri tidak bawa motor sendiri dan menawarkan dirinya untuk memboncengkan saya. Perjalanan lancar-lancar saja waktu itu, sampai akhirnyaa.. tukang bubur naik haji masuk episode 3000. Tanjakan, sodara-sodara! Waktu itu motor yang kami kendarai adalah jenis matic ramping yang dipakai JKT48 di iklannya. Mungil, sedangkan penumpangnya jauh dari kata mungil. Hefri dengan pedenya gas pooolll nggak kira-kira di tanjakan yang nyaris siku-siku. Di mana ujung dari tanjakan itu entah ada apanya, semoga masih jalan aspal, bukan jalan kebatilan. Takut saya. Suara deru mesin motor yang saya naiki udah kayak orang batuk-batuk berdahak saking kenceng ngegasnya. Belum lagi luas permukaan jok motor yang minimalis untuk menaruh pantat dua orang yang serba tidak minimalis ini. Mempertahankan posisi supaya tetap duduk stabil, sementara rasanya sudah membaraa pantat iniih. Rasanya mau turun aja terus jalan kaki sampai lokasi. Tapi tidak saya lakukan, saya percaya pada besi pegangan di sisi belakang jok motor, dan tentunya saya lebih percaya Gusti Allah. Kejadian itu membuat saya ogah nanjak-nanjak dibonceng naik motor sampai sekarang.

Terlepas dari nanjak-nanjak itu. Saya memang lebih cenderung suka memboncengkan orang daripada dibonceng. Suka diboncengnya kalau dibonceng kakak saya, dibonceng si Widya, dan dibonceng ibuk. Kalau dibonceng kakak saya itu bisa towel-towel perutnya yang kayak jelly, dan bisa senderan di punggungnya yang lebuaaarr dan empuk. Aduh maap saya jadi sister-complex begini. Hehe. Terus kalau dibonceng Widya ini juga kurang lebih sama, bisa peluk-peluk si Widya dari belakang biar kayak orang pacaran kalo kata Widya mah. Haduuh gini amat ya hidup kita, Wid. Kalau ibuk, suka dan senang tanpa karena deh pokoknya. Oh iya dan suka saat dibonceng seorang kawan saya, saat kami jadi poto model ilustrasi adegan dadakan sebuah rubrik di salah satu surat kabar di Jogja, dengan setting boncengan sambil main ponsel. Mhehehe. Juga waktu dibonceng ulama jokes receh dari planet Namec, motor saya jadi berasa diinstal aplikasi guyon receh, tapi emang sih motor saya jadi ada jimatnya gitu gara-gara yang bawa beliyoo :((


Jimat anti begal

Entah kenapa saya jadi menikmati kegiatan memboncengkan orang ini. Kemana aja deh saya bonceng. Boncengin si Andri Jogja-Magelang-Jogja, Jogja-Kokap-Jogja. Boncengin Merie kemana-mana, boncengin ibuknya Merie. Boncengin Ema ke kondangan. Boncengin adek saya kemana-mana. Boncengin pacarnya adek saya juga saya ladenin. Boncengin pacarnya kakak saya. Boncengin si Zakia waktu dia masih culture shock habis pulang dari desa New Hampshire dan lupa cara naik motor plus kalau di Jogja, motor itu jalan di lajur kiri bukan lajur kanan. Boncengin Dila ke pasar. Boncengin Mbak Shinta untuk sekadar jajan kupat tahu, cilok, atau pempek. Boncengin siapapun lah.

Saya akan dengan senang hati juga memboncengkan kawan-kawan dari luar Jogja yang main ke Jogja untuk sekadar muter-muter kota. Apalagi sejak bergabung di Komunitas Pecandu Buku (KPB). Selalu ada aja yang main ke Jogja. Ada Bung Fiersa dari Bandung yang juga saya antar-jemput kemana-mana saat di Jogja. Ada juga Hamid, kawan dari Malang yang aduhai sekali mau bawa helm sendiri jadi saya enggak perlu bingung nyari pinjeman helm. Hahaha. Lalu belum lama ada Mang Ayub, kawan dari planet Namec tadi, yang enggak pernah naik motor karena di Namec kendaraan utamanya kompresor, tapi akhirnya bisa fasih juga nyetir motor setelah kursus kilat  dua menit ke saya. Biasanya sih saya kalau lagi memboncengkan kawan-kawan yang dari luar Jogja ini sambil sok-sokan jadi tour-guide. Lewat jalan-jalan yang ikonik di Jogja. Lewat tempat-tempat ikonik di Jogja. Apaan Menk, emang jalurnya lewat situ juga. Hehehe.

Momen memboncengkan seseorang itu seperti membuat jejak ingatan di setiap jalan yang dilalui. Ciaahh. Kayak momen sakral aja gitu. Halah. Paling enggak kalau lagi naik motor sendiri dan lewat jalan yang pernah dilalui saat membonceng seseorang tuh ada yang diingat. Seperti menyimpan memori di aspal jalan kalo kata Amenk Sukimeng mah. Itu aspal apa flesdis, Mbak? Flesdis aspal. Oposih Meeenk..

Gimana, udah cocok jadi driver ojek online belum? Masukin di CV kali ya, saya calon driver yang bisa menciptakan momen dan cheamy...cheamy-istri. Oposih Menk. Enggak ah, saya mah anteng kalau nyetir motor. Fokus. Kecuali lagi nggak fokus. Oke ini sudah tidak fokus menulis juga sepertinya.


Pokoknya selama saya masih tinggal di Jogja aja, saya masih bersedia jadi mbak ojek orang-orang tercintah saya. Selama jalanan Jogja masih menyenangkan. Selama jalanan senja di Jogja masih indah dinikmati dengan bersepeda motor kecepatan 30-40km/jam. Selama jalanan basah sehabis hujan di Jogja masih maknyess dan udara sejuknya bisa dinikmati dengan bersepeda motor kecepatan 30-40km/jam. Selama jalanan Jogja tengah malam masih aman sehingga tidak perlu melaju dengan kencang buru-buru sampai rumah dan supaya tidak mengakibatkan kedinginan.


Gundamwati mau ngojek dulu shay~


Jadi, kapan mau aku bonceng lagi?

You Might Also Like

5 komentar

  1. *ngakak ra rampung-rampung*

    Aku kangen diboncengin orang D:

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cup cuup cuuup :)) ayo tak boncengin, dari parkiran KR sampe pos satpam :*

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. aku aja yang disuruh bawa helm :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. kusuruh bawa SIM sama KTP kamu nggak punya~ yaudah bawa helm aja~

      Hapus

Subscribe