Orang Sleman Karbitan (4)

April 29, 2017

Meski saya sudah tidak menjadi OSK lagi, saya mau melunasi utang panci eh tulisan saya selama saya jadi OSK. Berikut seri OSK saya yang keempat. Tulisan ini sudah saya buat draft sebelumnya di akun blogging saya yang lain. Copy-paste sih, tapi ada beberapa koreksi dan tambahan.

Mari~



Belum resmi sebulan jadi OSK, pertengahan bulan depan saya sudah harus pindah kewarganegaraan. Bukan, saya enggak ditugaskan ke luar negeri. Saya cuma pindah status. Pak kepala suku memberi mandat saya untuk jadi anak bola. Ya. Tukang repot bab sepak bola dan olahraga lainnya. Entah apa yang ada di benak pak kepala suku sehingga saya yang buta bola ini dikasih lahan di bidang itu.

Kaget? Iya. Tapi saya bisa apa dong. Menerima adalah satu-satunya pilihan. Saya sih enggak masalah untuk belajar hal baru tentang bola dan kawan-kawannya. Toh rekan-rekan lain dengan terbuka ngajari dan kasih saya wejangan ini itu soal bola. Cuma, tidak bisa bohong juga kalau saya punya kekhawatiran soal hal-hal ekstrem yang biasa terjadi di dunia bola. Yaya kekhawatiran macam itu pasti selalu hinggap saat akan menghadapi hal baru. Tapi semoga apa yang dikhawatirkan itu tidak pernah terjadi.

Cut

Hal (agak) ekstrem sudah terjadi. Tapi saya belum mau share di sini. Lain kali aja, ya. Ehehehe. Lah ngapain bilang? Biar panjang aja postingannya~

Lanjut~

Sakjane alias sesungguhnya bisa dibilang saya ini sedang mesra-mesranya, sedang sayang-sayangnya sama Sleman. Mulai nemu ritme jadi orang Sleman. Memang sih besok saya bakal tetap menjamah Sleman, tapi hanya dalam hal olahraga. Bukannya lebih enak ya? Jadi lebih spesifik itu pasti. Nanging alias akan tetapi, saya jadi kurang bisa menjamah hal-hal yang saya sukai macem blusukan ke desa untuk sekadar lihat panen padi atau ngetem di pinggir jalan lihat petugas PU nambal jalan berlubang.

Di satu sisi saya juga yakin akan nemu hal-hal yang membuat saya jatuh cinta di lahan yang baru nanti. Jatuh cinta sama atlet panjat genteng atau altlet balap RX-King mungkin. Ya coba kita lihat nanti. Yang jelas saya butuh menguatkan diri saya biar bakuh, tahan banting, dan tatag karena dunia lapangan hijau itu keras.

Sebelum jadi anak bola karbitan, ada baiknya saya memaksimalkan diri untuk jadi OSK yang baik. Siap-siap rindu patung gajah di lapangan Denggung dan rindu pasar Pahingan.

Begitu kiranya jurnal-jurnalan OSK kali ini. Dibuat saat sedang terbayang bakul takoyaki yang suka ngetem di barat lapangan Denggung jejer dengan bakul es oyen khas Bandung.
 


Enggak ah, saya enggak mau cerita cuma sampai segitu. Jadi saya tambahi, ya? Biar kenyang.



Lalu apakah saya sudah maksimal menjadi OSK? Tentu saja belum. Saya masih utang untuk nyari bahan tulisan tema khusus. Isu khusus. Sebenarnya isu ini lumayan kece. Cuma butuh riset lama. Dan saya tidak memiliki kesempatan untuk menyelesaikannya. Ada dua isu khusus yang belum bisa saya eksekusi untuk dijadikan tulisan. Sayang sungguh sayang.

Mas Os, tukang sunting tulisan saya bilang semoga saya berkesempatan lagi jadi OSK. Eh ini udah rindu aja sama Mas Os yang sukanya nelepon-nelepon nanyain progres tulisan tema khusus. Rindu ditanyain udah makan apa belum, rindu disuruh pulang cepet karena udah kelewat malam untuk nyari bahan tulisan. Halah~

Selain Mas Os, saya juga punya utang tema tulisan ke menejer repot saya. Beliau rikues untuk melokalkan isu nasyonal. Belum bisa dieksekusi karena yaa sama aja, waktunya belum nyukup untuk nanya-nanya ke pak bupati soal isu itu.

Emang saya kemana aja sih sampe belum nyukup untuk eksekusi rikuesan mereka?

Saya mengutamakan agenda-agenda harian. Peristiwa-peristiwa harian yang datanya bisa saya jangkau dalam sekali waktu. Macam panen raya, ruwat mata air, dan acara-acara seremonial lain. Atau kadang undangan dari instansi-instansi pelayanan publik tertentu yang butuh diinfokan ke publik dengan segera. Atau kadang juga isu-isu kecil berdasar momen tertentu, macem isu soal meningkatnya angka suatu penyakit di suatu wilayah. Juga soal blanko KTP-el yang masih kosong stoknya di sana-sini. Menejemen prioritas. Cieh. Apaan sih itu, kagak ngerti juga sayah.

Apa lagi ya?

Banyak hal loncat-loncat di kepala saya. Wih, super kepalanya buat loncat-loncat~

Hal lain adalah, saya seperti harus memutus mata rantai jejaring saya dengan beberapa sumber informasi saya. Bukan memutus sih, melepas untuk kemudian menyambung ke rantai yang lain supaya lebih lebar dan luas jejaringnya. Eheeww. Beberapa menyayangkan saya tidak jadi OSK lagi, tapi mereka kasih doa ke saya biar sukses sayanya di manapun, bidang apapun, jadi apapun termasuk jadi orang yang kamu rindukan~ eh jadi anak bola karbitan!




Bu Ayu dan Pak Nanang

Itu Bu Ayu yang juga sudah terlanjur sayang sama saya. Dih ngaku-ngaku. Biarin, buktinya beliau ajak saya makan thengkleng kambing tapi sayanya nggak doyan dan nggak bisa makan kambing, jadi aja batal makan kambing bareng. Maaf ya, Bu Ayu~

Next saya akan cerita tentang dua tokoh dalam foto itu. Tebak mereka hobi apa? Yak, betul hobi masak.. masak gitu sih? Iyaaa gituuu~

Kok fotonya dipajang sekarang? Biar postingannya rame aja :)

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe