Sedikit Cerita

November 17, 2018

Halo~

Lama sekali sepertinya saya tidak berbagi sesuatu di sini. Entah itu ulasan buku, seri bicara sketsa, atau pengalaman saya di dunia tukang repot. Sebenarnya saya tetap baca buku kok, ada beberapa  buku yang antre untuk diulas. Saya juga tetap mencari apapun itu yang bisa saya bagikan di seri bicara sketsa. Dan, saya juga menuliskan pengalaman saya di dunia tukang repot, tapi lebih sering tertahan di folder dan tidak terpublikasikan. Hehe.

Ya sudah, saya bagi sedikit cerita tentang jadi tukang repot.




Saya sampai saat ini enggak nyangka aja bisa sejauh ini. Saya tidak punya modal mumpuni di dunia ini. Tapi kok kuat aja gitu, saya juga heran. Sebuah pengakuan, saya ini aslinya akan kaku macam patung beku ketika bertemu orang baru. Kagak bisa ngomong dan memulai pembicaraan. Yang ada cuma deg-degan, keringat dingin, gemeteran.

Plus, hal yang sama juga terjadi ketika saya ditelepon atau menelepon seseorang. Ya bayangkan aja, cuma telepon lho, suara doang aja keder setengah mati. Ya tapi itulah saya. Terus sekarang masih? Jelas. Tapi sudah jauh berkurang. Alhamdulillah. Sekarang jadinya hobi telepon, hobi ngajak ngobrol orang. Nggak hobi juga ding, cuma nggak nyangka bisa begini. Kalau kamu kenal saya sejak lama, pasti menemukan perbedaan ini pas ketemu saya. Hehe.

Saya juga jadi belajar buanyak soal mengambil keputusan. Kek misal saya mau kemana nih hari ini, mau bikin apa. To take initiative, saya juga tipikal kalau kagak dicolek kagak jalan, kagak disodorin makan tetep cari makan sendiri hehehe. Jadi sekitar setahunan ini saya selalu ada to do list. Ada buku jurnal harian dan bulanan yang isinya rencana apapun. Mulai dari soal kerjaan, rumah, sampe hobi. Sejauh ini lumayan efektif, apalagi pas kemarin saya liputan tematik mingguan, kudu muter otak banget mau nulis apa.

Sekarang juga masih begitu di desk daerah. Iya saya balik lagi tugas di daerah yang muantuul. Karena pasti banyak agenda, peristiwa, dan isu, hmm. Jadi tiap hari saya bikin rencana mau apa, kemana, ketemu siapa aja. Sampe kadang mau makan apa juga saya tulis. Ya, begitulah saya, sodara~
Dari situ juga saya belajar untuk kalem dan tidak gupuh alias grusa-grusu nanti saya dikatain alay sama temen saya. Dulu, sekarang juga masih sih kadang, saya panikan, nggak nyante kalau lagi diburu dedlen. Sekarang lebih banyak menggumamkan mantra: ‘santey woy take your time, ntar juga kelar’. Cukup efektif juga sih ini. Untuk lebih tenang mengerjakan semuanya satu-satu.

Nah ini kaitannya sama prioritas. Soalnya sering saya mengabaikan itu. Harusnya A belok ke X. Harusnya ngetik kerjaan malah jajan rujak es krim. Hehehe. Itu kemarenan banget. Tapi emang lagi selow aja jadi ya gapapa yang penting kerjaan beres. Satu-satu dikerjakan, nanti juga beres. Yakin aja pasti beres jadinya lebih tenang juga ngerjainnya.

Ya gitu, semuanya itu saling berkaitan. Dan saya pikir memang kok ketika saya punya tujuan yang jelas mau ngapain pasti akan ngerti mau jalan lewat mana, kira-kira nyampenya kapan, perlu bawa apa, cari info ke siapa. Gilak, udah macem ahli aja saya ni. Hahaha. Tapi saya mengamini itu dengan sangat. Karena jatuhnya ya jadi lebih kalem itu tadi.

Oya, sama kudu selalu siap mengikhlaskan dan mencukupkan. Kalau enggak gitu kagak bakal kelar juga kerjaan saya. Misal ada beberapa hal yang tidak bisa dijangkau untuk memenuhi rencana hari itu, ya udin, gapapa. Kalau bisa disusulin besok ya besok. Kalau kagak, ya monmaap, saya hanya manusia penuh dengan keterbatasan. Mohon maaf lahir dan batin ke redaktur abis itu. Hahaha.

Apa lagi ya? Oh iya, untuk belajar bersosial dengan berbagai macam orang. Segala usia, segala profesi, segala latar belakang, semuanya. Masih agak susah, karena saya masih suka banyak diam daripada memulai basa-basi obrolan. Sama menghadapi terpaan keunikan masing-masing individu ini. Sedap betul. Walopun bukan orang kantoran yang bakal ketemu temen yang sama tiap hari, saya tetep bakal ketemu orang sama hampir tiap hari di lapangan. Apalagi sekarang di lapangan temennya mereka yang gap usianya belasan sampe puluhan tahun. Banyak, mendominasi malah. Jadi seru, kadang bisa tanya soal pengalaman mereka di lapangan selama ini. Karena jelas mereka lebih banyak mengantongi ilmu dan jaringan. Uehehe.

Hmm apa lagi ya? Oh ya, jadi karena semakin ke sini semakin banyak mengolah berbagai jenis informasi, saya merasa saya kudu tetep terbuka sama hal apapun. Untuk tidak terlalu sering menghakimi suatu hal/orang padahal kagak ngerti asal-usulnya. Sama ada beberapa hal spesifik yang saya hindari. Tapi pelan-pelan saya mau coba ngulik soal itu, cari tau soal itu. Ya akan selalu begitu sih ketika saya tetap bertahan di profesi ini. Makanya saya mulai lebih kencengin lagi baca-baca, atau sekadar riset kecil. Cieh~

Itu nyambung sama kegemaran saya baca buku. Yang kemarenan suka nggak menyempatkan diri baca, sekarang barang sebentar aja harus. Terus belakangan juga jadi lebih kalap pengin buku ini itu. Pengin belajar ini itu. Ampun yak. Satu-satu, kalem. Makanya ini kalem banget belum mau nulis ulasan buku yang udah dibaca. Hahaha. Alesan aja ini mah.

Sama, soal hobi saya yang lain, menggambar. Ini saya rasakan berkali lipat jadi lebih menyenangkan. Kok bisa? Ya karena hari-harinya begitu padat karya begitu, jadi muncul keadaan kalau saya butuh menggambar nih buat melepaskan penat. Harus meluangkan waktu buat itu, sebelum bobok atau pas libur. Jadi lebih enjoy nggambarnya. Bodoamat mau orang suka apa kagak sama karya saya, wong itu kebutuhan saya, kamu suka syukur, enggak ya gapapa.

Lainnya? Soal menghidupi blog ini. Saya mau tetep bisa nulis dengan gaya saya sendiri. Enggak mau tulisan saya jadi kaku kek berita yang sehari-hari saya bikin. Karena kadang masih suka kebawa bahasa tulisnya jadi pake limawe satuha. Kan nggak seru~ Jadi sebisa mungkin akan terus nulis semaunya di blog ini.

Apalagi yak? Kok keknya banyak yang belum dikeluarin. Maap nih, ini nulisnya sangat spontan, jadi nggak pake kerangka tulisan, ide paragraf dan sebagainya. Nah kan inget mau omong apa, soal jadi senang bepergian. Mmm belum bepergian jauh yang keluar provinsi gitu belum. Karena seputar kabupaten aja sekarang suka ngos-ngosan sendiri. Ya gitu, segala pantai, gunung, lembah, sungai, sawah, kebon, sampai rumah dinas bupati juga eik sambangi. Beruntung atau buntung jadinya? Keduanya sih, jadi merasakan semuanya. Kalau kata temen saya nih, dapet di desk region selatan ini kerasa banget jurnalistiknya. Ciadow~ kagak, saya bukan jurnalis. Saya cuma tukang main sekaligus pengemis waktu. Kenapa gitu? Hampir tiap hari saya selalu keluar kalimat ini: “Maaf pak/bu, boleh minta waktunya sebentar?” gitu tuh. Ehehehe.

Udah ah, gitu dulu, kalau mau cerita yang lebih banyak lagi sabar dulu ya. Atau kalau kamu berada di kota yang sama dengan saya, bisa aja kita ketemu pas akhir pekan, terus ngobrol kitanya. Kalau kamu berada jauh dari kota tempat saya tinggal, sabar, atau kalau mau boleh lah tanya-tanya apa yang pengin kalian baca di sini. Ciadow~ udah kek banyak yang baca aja bisa bilang gitu. Hahaha. Gapapa, siapa tau yekann~


Dadah~

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe