Tentang @amenggambar

Februari 18, 2019


Heloow~

Lagi bikin karya apa? Dor! Apa nih tiba-tiba ngomongin karya?

Kalau kamu follow akun Instagram saya yang @amenggambar isinya spesial pake telor, gambar semua. Kalau belum follow, kagak usah follow, membosankan bagi kamu yang lebih suka lihat jenis feed lainnya, selfie muka temen yang abis nyoba nggambar alis pakai areng misalnya. Hehe.

Soal berkarya, saya memutuskan membuat akun baru kheses diisi gambar semua. Ya, oke, akun saya yang @fathonaty juga isinya nyaris gambar semua sih. Bedanya adalah, @amenggambar itu kheses buat saya jadikan portfolio. Kenapa nggak pake Behance dan sejenisnya? Enggak, belum, saya rasa.
Sejauh ini di akun tersebut, saya banyak pasang gambar yang saya bikin hasil dari mendengarkan sebuah lagu. Nggak sengaja nih begini. Cuma sepertinya saya akan memakai pola ini untuk bikin karya visual. Bahkan, baru aja saya nyoba memvisualkan sebuah novel. Apa saja, selama saya mau, saya mau mengalihmediakan—hmm apasih bahasanya ngawur—apapun ke dalam wujud gambar.
Lah, bukannya selama ini kamu juga berkarya lewat tulisan, Meng?


add caption


Nah iyak betul. Tapi sayanya juga ketemu jenuh dalam menulis. Beda rasanya menulis yang kaitannya sama gawe dan yang suka-suka hati kek gini. Nulis begini aja juga susah lho, bawaannya ingin mengoreksi SPOK nya, nyambung enggaknya, logis enggaknya, EYD nya bener enggak, dll dll. Pura-pura salah itu lebih susah daripada pura-pura benar. Ecieww

Lah, bukannya kamu juga suka mbaca buku ya?

Itu juga betuls. Cuma yang ini belum sekenceng menggambar untuk rasa maunya. Kenapa tuh? Sering saya juga menemukan jenuh pas membaca. Tiap hari pasti baca artikel, berita, berita temen, tweet, caption, spanduk, baliho, dan tulisan sendiri. Kayak kelebihan asupan informasi gitu rasanya. Jadinya kalua mbaca saya milih. Milih banget. Belakangan saya baca novel sama buku self-help gitu. Yang nyambung sama kehidupan dan yang menghibur.

Balik ke nggambar, sebenarnya awalnya saya nggak cukup pede untuk memulai pasang-pasang karya. Kalau di @fathonaty saya semakin nggak pede. Takut malah. Kek masih mikir anggapan orang macem ‘apasih ni posting gambar terooss’. Ya gapapa, bisa mute atau unfollow. Cuma ya gitu masih aja kepikiran gitu.

Harapannya di @amenggambar saya lebih bisa bodo amat mau pajang gambar apa aja. Dan bisa follow akun-akun illustrator dan lucu-lucu lainnya. Tanpa ada feed selfie atau foto plesiran di timeline saya. Ehehehe. Nggak ada yang salah, cuma saya udah jeleh aja lihatnya. Jadi ya gapapa ketika orang juga jeleh sama feed gambar-gambar yang saya bikin.

Atau, secara ngenesnya begini, saya nggak punya apa-apa buat dipamerkan kecuali gambar. Saya Cuma pede pasang gambar. Bahkan saya enggak pede sama tulisan saya yang sehari-hari nongol di surat kabar. Serius. Teman-teman saya di kantor maupun lapangan lebih cincai tulisannya daripada saya.

Kalau mau dipikir negatip lagi nih, buaaanyak juga illustrator yang lebih cihuy. Tapi saya bisa mengkonversi rasa negatip ini jadi positip. Saya jadi banyak referensi yang bisa saya pakai buat bikin-bikin gambar. Kenapa enggak gitu juga pas nulis? Belum bisa. Apalagi tulisan saya jelas non fiksi, faktual. Jadi bukan di teknisnya, lebih ke menyusun gagasan tulisannya, proses nyari bahan tulisannya. Ini kalau mau dibedah lagi banyak banget faktornya. Lain kali aja ya soal nulis~ ehehe.
Tahun ini saya meniatkan diri buat lebih banyak kasih makan @amenggambar. Si @fathonaty biar buat nyampah stories aja. Sama sesekali nyelipin kalo ada yang baru di @amenggambar. Biar apa? Biar pada tahu aja saya juga bikin-bikin di situ. Nggak usah follow, biar nanti yang follow yang mau aja. Gitu dulu yah, muah!


You Might Also Like

1 komentar

  1. blogger sejati yang tak memikirkan adsense. blognya lumayan tua :) salam kenal

    BalasHapus

Subscribe