Tercontreng 2022

Februari 07, 2023

Haloo, rasanya harus mengulang sapaan yang sama tiap tahun. Haha. Selamat berjumpa kembali dengan tulisan sekali dalam setahun saya di blog ini.

Tahun 2022 terasa panjang dan banyak sekali. Sampai sejujurnya saya agak sulit mengingat kronologi apa saja yang saya hadapi di 2022 lalu. Ini saya ngetik juga sambil mikir, apa aja nih yang udah tercontreng. Berhubung tidak ada target spesifik di 2022 lalu, jadi ini random aja nulisnya, semacam kilas balik aja gitu. Lesgooo~


 

1. Punya Pekerjaan Tetap (Lagi)


Randomly, awal 2022 lalu saya apply pekerjaan menjadi pengolah arsip kuno di sebuah pusat heritage di kota saya. Padahal saya masih on going proyek freelance bikin ilustrasi buat beberapa buah buku. Eh iseng daftar kok ya keterima. Alhamdulillah. Berarti butuh rutinitas nih, butuh circle baru, butuh asah skill yang lama terpendam. Kebetulan bidang pekerjaannya juga linear dengan pendidikan tinggi yang saya tempuh. Cieh. Ngapain emang? Mengolah arsip beraksara jawa, gitu aja sih singkatnya. Nanti perkara pekerjaannya seperti apa, akan lebih seru kalau saya ceritakan secara terpisah. Ihiw.


 

2. Intermitten Fasting


Ini adalah pencapaian terbesar. Saya mulai intermitten fasting (IF) sejak akhir 2021. Hingga akhirnya saya mencapai berat badan lumayan ideal di pertengahan 2022. dari 72kg ke 60kg. Superb sekali, bukan? Tapi, IF ini saya iringi dengan olahraga rutin jalan kaki setiap hari 40-60 menit. Plus yoga juga seminggu sekali. Plus juga defisit kalori. Tahun 2023 ini mulai nyoba IF lagi, cuma targetnya nggak se-ekstrem tahun lalu. Cuma mau turun 5-6kg aja udah cukup.


 

3. Pengalaman Berurusan sama isilop


Pengalaman membagongkan. Hahaha. Jadi ceritanya, saya kena cegat orang tidak dikenal pas lagi jalan pagi. Dipegang tangannya gitu. Mana habis itu tetep diikutin pula. Lapor isilop. Geger. Jadi bahan berita mantan rekan-rekan sejawat di lapangan dulu. Ngakak. Tanpa mereka kasus saya nggak akan digubris sih sepertinya. Kamsia, teman-teman!


 

4. Patah Jari Kaki


Pertama kalinya seumur hidup kena kecelakaan sampai luka lumayan parah. Serempetan sama motor pas lagi otw pulang habis yoga pagi. Posisi ngantuk sih. Sayanya juga salah, ngantuk tapi tetep nekat jalan. Yaa habisnya udah deket rumah juga. Eh kena apes serempetan sama motor dari lawan arah. Walhasil jari manis kaki kanan saya patah, berdarah-darah. Lemes juga ternyata lihat darah mbleber dengan derasnya kayak gitu. Ada bagian yang sebenernya saya merasa lucu tapi sebel. Waktu warga pada berkerumun liatin saya yang berdarah-darah, nda ada yang neleponin ambulans. Yang ada malah ditawarin teh anget. Wkwkwkwkwk. Ya udah saya telepon ambulans sendiri. Singkat cerita, dalam sebulan jari kaki saya nyambung lagi, walopun tidak sesempurna bentuk awalnya. Alhamdulillah yang penting sembuh bisa jalan lagi.


 

5. Adik Kecelakaan


Nggak lama setelah saya kecelakaan, pas saya baru aja bisa jalan normal dan bisa mengendarai motor, gantian adek saya tibo. Untungnya nggak sampai patah tulang. Cuma lecet-lecet aja. Ini mayan syok juga sih, soalnya kejadiannya dini hari, habis hujan deres. Lokasi kecelakaan 30 menit dari rumah. Menghadeeeh. Syukurlah tertangani dengan baik. Alhamdulillah.


 

6. Bapak Masuk ICU


Drama medis isinya pokoknya mah. Ini juga nda mengira bakal disuruh langsung masup ICU. Nda ekspektasi sampai sejauh itu. Soalnya pas ke UGD kondisi bapak tampak tidak terlalu gawat darurat. Eh ternyata setelah diperiksa kok lumayan parah. Ya udah, pelajaran tentang ICU dimulai kembali. Kali ketiga berhadapan dengan dingin dan ‘dingin’ nya ICU. Alhamdulillah singkat cerita, bapak boleh pulang, rawat jalan sampai sekarang, dan semoga seterusnya bapak baik-baik saja.


 

7. Video Lirik Atmojo


Aset ilustrasi video lirik lagu "Untukku"




Kedapetan rejeki nggarap aset ilustrasi video lirik lagu-lagunya Mas Atmojo. Ada tiga ilustrasi buat tiga lagu. Ada di You Tube, boleh ditengok. Hehe. Selalu seneng kalau terlibat proyek sama musisi. Saya seneng banget menginterpretasikan irama, nada, lirik ke dalam bentuk visual. Semoga ke depan terus ada aja musikus yang mau proyekan sama saya, berkarya bareng sama saya. Aamiin.


 

8. Bikin Pop Up Frame


Beberapa ilustrasi yang saya bikin di 2022



Sepertinya kegiatan satu ini belum akan ada tanda absen. Alhamdulillah tahun 2022 bisa bikin lima atau lebih ya? Haha lupa. Pokoknya banyak bikin pop up frame buat dikasih-kasih ke yang pesen atau yang mau. Tahun 2023 awal ini juga udah ada yang minta dibantu bikin pop up frame lagi. Asique. Alhamdulillah.

 

9. Molen Berpulang


Tersedih. Molen, alias paman, kucing jantan peliharaan kami di rumah akhirnya berpulang. Sedihnya banget karena dia lama sakit. Flu nggak sembuh-sembuh, bulu rontok, badan kurus, kuyu. Dan saya tidak bisa memberikan perawatan untuk sakitnya itu. Kucing jantan yang bertahan paling lama di rumah kami. Selamat jalan, Paman. Rest in love.


 

10. Kelas Yoga


Setelah sebelumnya yoga-yogaan di rumah berguru pada yutub, akhirnya 2022 memulai kelas yoga bersama beberapa teman lain. Seru sih, oh gini ya diajar guru yoga langsung. Kelas yoga minggu pagi jam enam ini jadi rutinitas akhir pekan lebih dari separuh 2022. Membuat saya sadar penuh sama kondisi tubuh saya yang ternyata banyak mlengsenya. Hahaha. Sayangnya di 2023 ini saya belum bisa lanjut, lantaran prioritasnya lari ke kebutuhan untuk menabung pundi-pundi demi membayar cicilan. Wahaha. So adulting life ya, berhadapan sama cicilan. Nggak apa. Semua akan lunas pada waktunya :’D


 

11. Slasar


Kegiatan rutin hari Selasa sehabis Asar di salah satu kafe langganan saya. Kegiatannya berkarya bersama. Bebikinan, melukis, bikin kerajinan dari clay, mozaik, dan banyak lagi. Itu saya lakukan sekitaran bulan Mei-Juli. Habis itu saya kecelakaan terus jadi vakum ikutan Slasar. Seneng ketemu teman-teman baru yang sama kegemarannya, punya spark untuk berkarya apa aja, sambil update kehidupan sehari-hari. Senangnya~


 

12. Menulis di Mojok


Setelah satu tahun vakum tidak menulis, tahun 2022 saya sempat menulis agak serius seperti pekerjaan saya sebelumnya. Membuat artikel santai, sembari mempertahankan skill menulis yang sudah dipoles selama empat tahun sebelumnya. Untung tulisannya masih layak tayang dan layak baca. Tapi sampai sekarang belum ada niatan mau nulis lagi. Bingung juga mau nulis apa, liputan ke mana. Nanti deh, semoga ada kesempatan dan greget buat menulis cangtip lagi. Lumayan kalo tembus tayang lagi. Bisa buat tambah-tambah bayar cicilan. Ahelaahh, cicilan lagi?? Hahahaha. Oya, tulisan saya bisa dibaca di sini.


 

13. Tambah Circle Pertemanan


Ini waktu saya main ke Tepikota, salah satu circle baru pertemanan saya~



Jelas sih ini. Circle di kantor baru, circle kafe tempat saya biasa numpang duduk, kemudian melebar ke circle mana-mana. Hahaha. Seru sih. Nambah kontak nomer HP lah yaa. Meskipun begitu, sejujurnya saya lumayan kewalahan berhadapan dengan banyak circle ini hahaha. Baterai sosial saya tidak cukup bertahan lama. Jadi sering kali butuh dicas, butuh rehat ngisi daya. Aman terkendali pokokmen.


 

14. Ketemu Teman-teman Lama


Ada teman baru, yang lama masih tetap terawat. Ya ketemu teman-teman SMP, SMA, kuliah, komunitas. Seneng masih bisa merawat pertemanan yang cukup lawas usianya ini. Harta berharga, rejeki yang berlimpah bisa punya teman-teman seperti mereka. Aseeek.


 

15. Bikin Portfolio Ilustrasi Childrenbook


Cubanget ngga siiih



Niatnya mau disubmit buat dapet kesempatan jadi ilustrator buku anak-anak. Eh, overdue. Belum sempat jadi, udah liwat dedlen. Ya udah buat portfolio aja wes. Ada tiga ilustrasi, temanya gunung, laut, dan luar angkasa. Suka banget, apalagi sama tema luar angkasa.


 

16. Bikin Stiker WhatsApp


Terinspirasi dari rekan-rekan kerja, saya jadi bikin sticker pack. Ada dua yang bisa diunduh di stiker.ly. Monggo kalau mau donglot. Wow so productive ya akuu hahahaha. Mau merambah giphy, tapi terms and conditionnya rumit dan lama banget dah approval-nya. Nggak apa lah, satu ladang nggak subur, mari tanam di ladang yang lain. Cieh.


 

Itu garis besar 2022 saya. Cukup naik turun, tapi naik turun dengan smooth. Cieeh. Semoga 2023 saya juga berlangsung mulus. Saya ikhtiar dan tawakal aja buat semua hal di 2023 ini. Semakin tambah usia, berkurang segala ambisi untuk ini itu. Seadanya aja udah, yang di depan mata yang dilakoni, yang dikerjakan. Life right here right now. Pokokmen yang penting sehat, bisa jaga kesehatan, kewarasan, to stay sane ya kaaan. Sampai jumpa di tulisan berikutnya (tahun depan, mungkin). Hahahaha.




You Might Also Like

0 komentar

Subscribe