Tercontreng 2023

Januari 02, 2024




Selamat datang kembali di postingan rutin tahunan blog ini. Seperti biasa, ini kayak laporan tahunan perusahaan atau instansi wkwkwk. Semacam evaluasi dan resolusi. Halah. Nggak, ini mah biar blog saya nggak sepi aja, here we go~

Intermitten Fasting (IF)


Keajaiban IF wkwkwk

Lagi-lagi saya menerapkan cara ini, supaya tetap terjaga kondisi fisiknya. Nggak sih, lebih ke biar celana sama baju-baju saya tetep muat buat dipakai wkwkwk. Dari 60kg ke 55kg, wih, bisa juga ternyata menyentuh angka segitu. Keren banget nggak sih akutu? Hahaha. Tapi, jelang akhir tahun 2023 naik jadi 58kg. Nggak apa, celana masih muat. Alhamdulillah.


Bantu Bikin Ilustrasi Buku Anak


Salah satu ilustrasi yang saya buat, lucukaann~

Sangat saya syukuri, masih bisa berkarya di bidang yang saya senangi dan sparks joy buat saya. Berkat Diana, teman baik saya, cita-cita jadi ilustrator buku anak tercapai. Bagi tugas sama Diana, saya bagian karakter, dia bagian latar. Ada empat kali proyek ilustrasi ini, kalo nggak salah. Tapii sayangnya buku cerita anak ini hanya tersedia di Jerman. Kenapa? Sebab, kliennya Diana semua dari Jerman. Saya bangga sama diri sendiri, karyanya bisa ke luar negeri duluan. Woohoo!



Bikin Pop Up Frame


Lucuuu kaaaan?

As always, bersyukur tiap tahun masih ada rikues pop up frame. Mbak Pipit, I owe you a lot. Pelanggan setia pop up frame dan ilustrasi. Terima kasiih banyak sekalii, hampir tiap tahun adaa aja rikues bebikinan sesuatu. Sayaaang <3. Terus bikin pop up frame rikuesan Mbak Rani, ini seru sih, temanya kopi-kopian, from farm to cup and heart. Haseeek, udah anak kopi banget kan aku? Wkwkwkwk. Terima kasih, Mbak Rani! <3


Punya Macbook Pro!


Alat tempur!

Sujud syukur, bisa kebeli (dengan nyicil setahun) alat canggih ini. LoA nya udah dari lama banget, alhamdulillah kesampaian di 2023. Jadi bisa mendukung pekerjaan saya. Mau nulis/ngetik artikel oke, mau desain oke, mau apa aja okeee. Terima kasih, aku! Wkwkwkwk


Ikut Kelas Nulis Opini dan Tembus ke Media

Debut menjadi seorang tukang sambat terstruktur wkwkwk. Dua tulisan tembus di Terminal Mojok. Prestasi sih ini. Biasanya terpaku pada tulisan reportase, yang isinya fakta, objektif. Bisa juga nulis pendapat hasil pemikiran dan pengalaman sendiri. Ini mah makasih banget buat Mas Rizky sama Mas Prabu. Saya jadi berani berpendapat. Asoy geboy mletoy~ Tulisannya bisa di baca di sini dan di sini.


Pertemanan yang seru dan berkualitas


Masak-masak seruu

Nah, ini sumber hiburan dan support system saya. Cah Ngisor, sebutannya. Kami sering menghabiskan waktu bersama, suka-duka, gundah-gulana, riang-gembira bersama-sama. Saling dukung, saling bantu, saling gelut, saling hina wkwkwkwk. Masak bareng, main bareng, makan bareng, ah I love you guys!


Skincare!

Belum pernah merawat tubuh-wajah dengan niat sebelumnya. Termotipasi jadi good looking, atau paling nggak bersih dan wangi wkwkkwk. Bukan main usahanya, perlu modal banyak juga ternyata ya wkwkwk. Tapi jer basuki mawa bea. Usaha tidak mengkhianati hasil. Bisa glowing up dikit, makin keliatan muda mempesona wkwkwkwk. Jadi lebih pede sama penampilan diri. Ah, makasih diri aku!


Taking Care of My Big Bro and Dad while they were hospitalized

Kayak rutinitas tahunan, astaghfirullah :’) menemani dan jaga kakak saya yang sakit usus buntu. Seminggu ikut nginep rumah sakit. Sudah jadi hal biasa wkwk. Besok-besok jangan lagi yaa. Saya udah bosen sama rumah sakit. Eh bapak kudu opname juga, dua malam aja alhamdulillah. Udah, ya, Pak, Wak drama-drama rumah sakitnya :’)


Panjangin Rambut, Punya Poni Lucu

Ini sepele sih, tapi untuk dapat rambut panjang itu lumayan effort buat saya. Eh kejadian juga. Karena ini, saya jadi bisa cosplay dedek-dedek 18 tahun wkwkwk. Oiya, sama nyobain pakai dress lucu. Sumpah ini jadi bucket list yang terkabul. Alhamdulillah.


Baca Satu Buku


Cuplikan isi novel grafis Dunia Sophie

Sebenernya nggak cuma satu sih. Ada banyak buku yang saya baca, tapi belum selesai. Satu-satunya yang selesai kebaca adalah novel grafis Dunia Sophie. Ringan dan menyenangkan sekali buku ini. Nanti deh saya ulas. Beneran. Soalnya saya mau produktif nulis, apa aja, termasuk ulasan buku. Tungguu yaaa~


Rajin Bikin Jurnal To Do List Harian

Sudah sejak 2016 saya melakukan inii. Kenapa? Supaya saya punya greget menjalani hari, dibantu dengan goals harian. Saya belum ada goals jangka panjang. Cukup menjalani hari demi hari dengan berkesadaran dan senang hati. Being present is a gift.


Kelas Nggambar Dhemit (jurig)


Eksplor contoh sketsa jurig

Unik sih ini. Tiba-tiba tergerak buat ikut kelas ini. Pesertanya hanya lima orang. Sesinya dari jam 11 siang sampai jam 11 malam wkwkwk. Saking serunya soalnyaa. Bagaimana menggambar dengan mengolah rasa, mempertajam kepekaan diri terhadap sekitar. Hal yang terpenting dari kelas ini sebenarnya koneksi, kami lima orang terkoneksi satu sama lain. Sama menjaga sparks saya untuk terus menggambar. To keep my life alive.


Punya Buku yang Jadi Wishlist

Heran, masih aja hobi nimbun buku. Beli doang, dibaca kagak. Inilah penyakit saya. Kalau orang lain penyakitnya suka main gim, suka belanja baju, suka jajan kuliner, suka jalan-jalan piknik, saya mah jajan buku. Bisa khilaf maksimal. Tahun 2023 saya punya lima lebih buku baru yang ada di daftar buku yang mau saya baca. Apa aja? Ituh, David Goleman Emotional Inteligence, Wali Berandal Tanah Jawa, Max Havelaar, dll. Semoga kebaca semua yaa tahun ini. Aamiin.


Menggambar Tradisional


Menggambar diri sendiri bersama jurig

Selain proyekan, saya juga menggambar untuk senang-senang dengan alat dan media tradisional: kertas, drawing pen, spidol. Seru, menenangkan, threapeutic. Masih akan berlanjut di 2024, untuk jadi penyeimbang segala hal yang berbau digital. Ihhiw.


Donor Darah

Alhamdulillah masih bisa donor, walopun hanya dua kali. Tapi senang, karena yang kedua bisa ajak dua teman donor, terus donor bareng ke PMI. Geng donor dadakan wkwkwk. Jadi punya kartu donor juga. Semoga bisa terus donor, ya, kita~


Procreate Dream

Nyobain bikin animasi bergerak. Terima kasih, Bapak, sponsor utama segala ke-BM-an saya. Nanti, sedang usaha, supaya bisa bikin sesuatu yang bermanfaat pakai aplikasi itu. Aamiinn.


Lay Off Tipis Dadakan


Feel Ngenes, tenan

Yak, di ujung 2023, saya dapat mandat untuk off dari pekerjaan utama saya. Tidak aktif per 1 Januari 2024 sampai waktu yang belum ditentukan. Marah broo, ngasih taunya 30 Desember 2023. Tapi ya udah, kayaknya memang disuruh istirahat dari bidang itu. Kembali menjadi pengangguran terselubung, beban orang tua, beban negara, beban sodara wkwkwkwk.


Shifu Nggak Pulang

Jelang akhir 2023, Shifu, kucing betina antik yang sudah lima tahun saya pelihara, ilang, enggak pulang. Sedihnya sampai ke ulu hati. Maaf dan terima kasih, Shifu sayang. Kalau mau pulang ke rumah, pulang aja, kami masih menantimu.



Kayaknya segitu aja rekapan 2023. Masuk 2024 mau lebih slowing down. Mengerjakan apa yang bisa dikerjakan. Nggak ada target muluk-muluk, karena masih berpegang pada target harian aja. Sesederhana umbah-umbah, korah-korah, nyapu latar, ngasih makan kucing. Berkesadaran kini dan saat ini, niscaya hidup akan ayem. Hoaaah, panjang banget keknya nulisnya. Dah lah, sampai jumpa di episode Tercontreng berikutnya~



You Might Also Like

0 komentar

Subscribe