Sekaten oh Sekaten

Februari 11, 2010

Pada hari Sabtu 6 Februari 2010, ketika saya sedang leyeh-leyeh di rumah mainan litop (laptop-red), terdengar suara rame-rame di ruang tamu. Eh ternyata masku beserta mbak achie (ceweke masku) berencana pergi ke sekatenan bersama adike mbak achie, si hahan, dan kiki, adekku.

Aku ditawari mau ikut apa enggak, tak jawab enggak..meh sinau..haha gayane padahal ming litopan terus. Masku ngomong, "Halah, refreshing..sinau wae.." rung sido sinau je wes kon refreshing. Yowis, akhire pas mereka mau berangkat aku mencegah mereka untuk menungguku...aku meluuuuuuuuuuu.....haha..akhire nyerah juga. Pengen e..ndelok isih podo po ono sing bedo neng sekatenan.

Sudah mandi, sudah wangi, aku berangkat tapi aku naik motor dewe soale masku mboncengke mbak achie, kiki, dan hahan. Bentuke wes koyo bapak, ibu, dan dua anak (keluarga ideal KB). Aku numpak motore masku, supra hitam bercorak kuning-jingga sing STNK ne mati, hahahaha lol.

Di jalanan, masku ngebwuutt...de'e numpak matic, cepet..lha aku numpak motor lawas, STNK ne mati, lampune yo rodo ra pener. Grimis-grimis..alon-alon..menelusuri jalanan yang basah dan langit yang mulai gelap menuju alun-alun Kraton.

Sampe di parkiran Masjid Gedhe, masih sepi..soale masih sore. Mbayar 3000 rupiah buat parkir. Masuk ke alun-alun 2000 rupiah. Jalan...
Memasuki area alun-alun, ada pedagang panci-panci, bolang-baling POPULAR, dan lain sebagainya menyambut kami...

Kiki, dia pengen naik boom-boom car, yowes, dianter ke boom-boom car sama masku, di deket stand boom-boom car, aku nganterin mbak achie sama hahan beli cimol..sambi nunggu aku ndelok kelinci-kelinci sing dijual di deket yang jualan cimol. Kiki begitu mahir mengendalikan boom-boom car nya...nggaya, berasa pembalap ..biasa cah cilik..perlu diketahui Kiki masih kelas 4 esde. Si Hahan yang merasa mau jadi anak SMP nggak mau naik wahana apapun, dia bilang, "kekanak-kanakan!" halah Han, po koe ki wes gedhe? aku we sing gedhe ngroso cah cilik e...aku yo pengen jan-jane numpak boom-boom car..ning larang e..mosok 10.000 rupiah... :((



Kiki: anak ilang di boom boom car..

Habis naek boom-boom car, berlanjut ke wahana selanjutnya...bianglala...dan kora-kora mini..
Sing numpak yo cuma si Kiki thok, laine nyemil kacang rebus sak genggem nggo wong papat, aku, masku, hahan, dan mbak achie sambil ngenteni kiki mubeng2 neng bianglala. Langit masih agak terang waktu itu dan viewnya juga bagus...saatnyaaaa...poto potoo!! yay!!
Pertamane masku motretke aku karo mbak achie, habis itu gantian aku motretke masku sama mbak achie, dapatlah angel yang bagus, gantian aku sing dipoto..si hahan ora gelem dipoto..isinan bocahe.


hihi..apik to..


bersama kakak terganteng (hoek >.<)


pegangan yang kenceng... :DD

Cukup sesi poto2nya. Gilirannya si hahan cari 'gara-gara', dia nyari penjual kaset PS. Mana ada di sekatenan jualan kaset PS, sing ono yo kaset ndangdutan, han..han..
Menyerah nggak dapet kaset PS, akhirnya kami memutuskan untuk pulang. Kesimpulannya, sekaten taun ini lebih rapi daripada tahun-tahun sebelumnya, lebih bersih, dan petugas2 wahananya pake seragam dan bersepatu semua, rapi pokoke...jadi nggak kayak gelandangan...hehe
Semoga sekatenan tahun berikutnya dan seterusnya tetap seperti itu...rapi.

Hal yang disayangkan adalah, JARANG ADA PENJUAL NDOG ABANG!! siapa yang nggak tau ndog abang? jajanan khas kalo ada perayaan besar, kayak idul fitri atau sekatenan. Sepanjang saya keliling alun2, saya cuma nemu SATU nenek tua penjual ndog abang...ironis...padahal itu ciri khasnya sekaten dari masa ke masa. Selain ndog abang, yang sudah agak jarang adalah penjual PERAHU OTHOK2, perahu dari blek yang bisa jalan nek disumet kae lhoo..itu juga sudah jarang, hanya satu dua saja yang tak lihat masih jualan tu perahu...hmmm...saya prihatin...gimana caranya melestarikan ke-khasan itu ya?

Di sekatenan justru malah banyak memunculkan wahan2 baru ketimbang mempertahankan yang lama2. Kaya boom-boomcar, istana apa itu namanya yang dari balon karet dipelembungke, kora-kora mini, dsb nya itu termasuk wahana baru yang menggusur keberadaan wahana lama.
Pedagang2 juga udah pada jualan burger, pop ice (banyak banget!), nugget2, dll. ES GORENG PAK GATOT, alhamdulillah masih eksis...saya bersyukur pedagang yang satu ini nggak terpengaruh oleh jenis dagangan baru...
Pokoke salut buat PAK GATOT, MBAH PENJUAL NDOG ABANG, MAS2 PENJUAL PERAHU OTHOK2...! mereka sadar akan apa yang harus dipertahankan dan harus dilestarikan... :D

You Might Also Like

4 komentar

  1. haha, aku mesti beli prahu othok2 itu dulu waktu aku masih kecil. sakjane maneman banget duite yooo...tapi piye, wis tradisi!
    iya yaaa, 10 ribu banyak di sana. aku makan siang di cafeteria sini aja 25 ribu mel :( i feel bad =/
    hmmm, i love your picture!!(without masmu! haha. peace be with you mas! lol!)

    i have to go to the next SEKATEN!!!!

    BalasHapus
  2. ho'o..ndhisik aku yo sok tumbas kui karo ndog abang...
    mbok aku ki mesake babget sama simbahe yg jual ndog abang..wajahnya menunjukkan keputusasaan-ga ada yg bakal beli daganganku-
    aku ra nggowo duit pas kui..dadi aku ra tumbas..mlebu we dibayari..hehe

    thank you hunn.. :)

    BalasHapus
  3. hweh...
    gtu2 jga seneng to diajakin ke sekaten??
    hohoho....

    kapan2 qt jalan2 kek kluarga berencana maning yaa??=p

    BalasHapus
  4. hehe..iyo...apik e..lebih berwarna warni gituuu...
    mbesok taun depan kesana lagi nyook... :DD

    BalasHapus

Subscribe