Setuju nggak Sesuju Saya Suka SuJu

Mei 07, 2011

Kesempatan kali ini aku mau ngomongke soal SUPER JUNIOR dkk dan alasan mengapa aku suka sama grup ini.

Jadi begini ceritanya.. Waktu itu aku kelas XII, musimnya sregep sinau buat menghadapi UN. Namun, entah mengapa, teman saya, Diloism (sebut saja begitu), dia menyebarkan virus K-pop ke teman-teman sekelas saya. Yang terkena dampaknya adalah Wididul sama Merie, aku belum terpengaruh sama sekali. Oh iya, lupa, sebelum itu kan lagi musim BBF. Saya awalnya juga ga tertarik sama serial itu. Pokoke luweh.

Kemudian, karena Diloism teman sebangku saya ditambah Wididul dan Merie juga temen deket saya, saya merasa ga nyambung kalo mereka lagi ngomongin SuJu. Rasane ki krik krik ngok banget.... Mereka ngomongin apa... Mesakke banget aku. Pandangan saya terhadap K-pop (terutama SuJu) waktu itu adalah: ya ampun..ini mas mas pada joget-joget nyanyi-nyanyi gitu..cantik-cantik pula..euh euh.. kesannya agak "aduh gimana gitu"


Sekitar bulan Januari 2010, saya sempat punya kenalan orang Korea asli yang saya ceritakan pada postingan yang dulu. Mereka sukses menginspirasi saya. Setelah kepulangan mereka, aku jadi tertarik buat tahu banyak soal Korea. Dari situ, saya mulai membuka hati kepada K-pop. Awalnya aku senengnya sama T-Max boyband Korea juga. Sayangnya bb ini ga begitu eksis dan susaaah banget nyari lagu-lagunya mereka..padahal apik lho lagu-lagune. Beralih deh ke aktor nya..Lee Min Ho. Hahaha.. Kenapa Lee Min Ho? Ya kenalnya pertama cuma dia, terus Kim Bum <--tapi ga suka-suka banget, terus si Kim Joon, leader-nya T-Max.

Prosesnya tuh lama, sampai akhirnya aku mintak beberapa lagu-lagu K-pop di tempatnya Merie. Aku dikasih lagunya SuJu. Lagunya SuJu yang pertama tak sukain itu judulnya Haengbok/Happiness. Aku seneng aja sama karakter lagunya.. unik, kayak lagu anak-anak gitu. Aku juga suka MV nya, soale merekanya lucu-lucu..walaupun..bagi sebagian orang mungkin terlihat gimanaa gitu..tapi aku tetep suka..rasanya ngena gitu makna lagunya: Kebahagiaan.

Untuk selanjutnya, aku mulai suka satu persatu lagunya SuJu, tapi ga semuanya. Lagu-lagu yang karakternya unik aja yang tak sukain kayak: Marry U, Happy Together, Cooking! Cooking! dll. Saat itu, Merie sama Widya sudah punya bias sendiri dari anggota SuJu. Kalo Merie tuh suka sama Kyuhyun, sedangkan Widya suka sama Donghae. Waktu itu pun aku masih pusing dan ga hafal sama anggota SuJu yang 'keroyokan' itu. Dan aku berpikir muka mereka semua tuh sama..hahaha


SuJu, tapi di foto cuma bersembilan, wajah tanpa make-up :)



Lama-lama, makin banyak hal yang kuketahui soal SuJu. Tentang perjuangan mereka untuk jadi bb besar seperti sekarang, tentang konflik-konflik yang terjadi, dan latar belakan masing-masing membernya. Mereka tidak secara instan debut menjadi bb. Masing-masing member melewati masa trainee paling lama 6 tahun. Kebayang wae..sebegitunya ya..ckck

Lalu, ada salah satu member yang dia sempat koma karena kecelakaan mobil. Kyuhyun. Dia member paling muda (maknae--sebutannya) di SuJu. Terus si Donghae, ayahnya meninggal dunia tahun 2007, disusul kecelakaan yang menimpa Heechul dalam perjalanan pulang dari pemakaman ayahnya Donghae. Ya pokoknya banyak deh yang tragis-tragis begitu..

Dari SuJu, aku lebih bisa melihat arti sebuah kerja keras. Dari mereka juga aku bisa menyaksikan bersatunya macam-macam karakter manusia dalam satu grup tetapi tidak menghilangkan ke-khas-an pribadi member masing-masing. Kalo dibayangin, sulit rasanya berada dalam satu grup dengan kepribadian yang berbeda-beda tapi dituntut untuk satu tujuan. Aku suka kekompakan mereka.


Mungkin di sini aku ngomonginnya SuJu, tapi bukan berarti aku ga suka sama bb/gb yang lain. Kupikir mereka semua sama, sama-sama berusaha menjadi mereka yang sekarang. Mereka yang usahanya sungguh-sungguh pasti hasilnya bagus..rata-rata member bb/gb Korea kan melewati masa trainee yang panjang..bahkan si G-Dragon Big Bang itu kan dari umur 9 tahun trainee nya (kalo ga salah). Itu tandanya kan mereka benar-benar fokus sama tujuan/cita-cita mereka.

Hadeh..aku ngomong apa sih..ckck
Oke, kembali:

Hampir setahun aku suka sama SuJu. Dan aku belum bosan dengan mereka. Lagu-lagunya tuh ga bosenin (menurutku). Oya, dari lagu-lagu mereka juga aku jadi tertarik buat belajar Hangeul/bahasa Korea. Sekarang sih udah bisa dikit-dikit baca aksaranya, cuma belum bisa mengartikan dan menyusun kalimat. Kalo sekedar kalimat percakapan biasa ya masih bisa lah dikit-dikit..hehe :p (somse).


Aku sih bukan fans fanatik. Aku ikut forum E.L.F Jogja (forum fans nya SuJu), tapi ga begitu sering ikut kegiatan. Banyak kok yang ga aku tahu dari SuJu. Kalo suka ga berarti harus tahu dan hafal semuanya kaan?? Mending ngafal huruf Devanagari wae lah..hehe. Aku juga ga menutup hati dan mata untuk mendengar dan menikmati lagu-lagu dari bb/gb lainnya. Big Bang, Shinee, 2PM, U-Kiss, 2NE1, BEG, f(x), dll. Solois aku juga suka, kayak IU, Kim Tae Woo, Park Bom (2NE1), banyak lah..apik-apik kabeh kok. Selain itu semua, aku juga menikmati OST film/serial Korea. Musik Indie Korea juga bagus loh! Kayak Bye Bye Sea sama Zitten. Wah..kabeh tak omongi apik..hehe


Intine aku enjoy aja menikmati SuJu dkk. Toh ini tidak membawa aku pada hal buruk. Justru aku menemukan 'pelarian' kalo aku lagi galau =..=
Larinya ke SuJu..langsung deh hepi lagi. Kalo di atas tadi bias nya si Wididul tu Donghae, bias ku tu Leeteuk..dia leader..paling tua..ah aku suka yang tua-tua dan pemimpin :p
Selain Leeteuk, aku juga suka Heechul, kalo mas yang satu ini tak sukain gara-gara di AB-type kayak aku..wong nyentrik..sering dibilang aneh gitu..dan dia laki-laki paling cantik yang pernah saya lihat. Golongan darah AB memang gitu, aku aja terlihat ganteng kok dengan potongan rambut pendek..tsahhh.. :p


Leeteuk (Park JungSu)


Kim Heechul (Heenim)


Eh, ada lagi. Aku, Wididul dkk adalah fans SuJu/ELF yang paling ga modal. Kami ga pernah beli sesuatu yg ada unsur SuJu nya. Kami ga pernah nonton Super Show, jangankan SuShow, beli Cd original album mereka aja ga kuat..hahaha..fans kere. Maka dari itu nek ada even apa gitu kami cuma bisa gigit jari, nangis dipojokan...hahaha lebay. Kami bertahan jadi fans karena kami sering berandai-andai yang ga mutu, misal, Mbok pesawat mereka salah landing di Adisucipto terus kita culik, bawa kabur, disembunyiin di rumah, terus disuruh jadi tukang kebon..haha ga mutu. Emang. Ga baik juga sih berandai-andai, sampai kebawa mimpi lho..serius. Aku ngimpi Leeteuk njajake aku siomay, Kyuhyun jualan pulsa, Donghae mboncengke aku naik vespa..aaaa~ ini keliaran imajinasiku sajah, teman-temaan~


Oh ya, aku sadar kalo masih banyak orang yang memandang sinis para pecinta bb/gb Korea. Nggak papa. Aku tidak merasa terganggu kok. Setiap orang punya pendapat masing-masing. Toh dulu awalnya aku juga ga suka, jadi aku tahu rasanya. Aku ga rugi dengan adanya orang yang ga suka sama bb/gb yang kusukai. bb/gb nya juga ga terpengaruh, maksute, mereka masih bisa cari uang dengan profesi mereka itu.

Haduh capek. Yowes, sukai apa yg kamu sukai, tapi bukan berarti kamu harus menjelek-jelekkan apa yang tidak kamu sukai. <-- haaah..ngemeng epeh menk..menk..

picture scr: @special1004, @Heedictator

You Might Also Like

4 komentar

  1. Nice post onnie. Emang kadang2 orang taunya BB korea tu modal tampang doang, modal joget2 sm modal nglawak. Padahal prosesnya itu loo. Salut deh sm BB/GB Korea !

    BalasHapus
  2. uuuwwooooo kangen oppa oppa :3
    kangen mereka yang bertigabelas :(

    BalasHapus
  3. Ichak: makasiih :) semoga Indonesia bisa mencontoh usaha mereka, bukan cuma bentuk jadinya mereka :D

    mbak achi: iyaa..aku terharu nek liat mereka di mv miracle..lengkap! bikin mrinding >.<

    BalasHapus

Subscribe