Orang Sleman Karbitan (6-end)

Mei 15, 2017

Saya kabarkan bahwa ini episode OSK terakhir. Untuk selanjutnya saya akan memulai serial Anak Bola Karbitan (ABK). Jadi, mari simak remah terakhir kisah saya sebagai OSK.


Halah, kaku banget ya paragraf pembuka di atas? Lemesin dulu yuk, shay~

Baru sebulan lebih sedikit merasakan jadi orang Sleman. Dan tiba-tiba harus pindah ke desk yang lebih spesifik. Masih di Sleman sih. Tapi saya nggak bakal banyak keliling ke tempat-tempat random di Sleman.

Ibarat nasi baru mateng anget-angetnya dari magic-com, eh ternyata kudu dipindah piring. Anyep lagi. Kudu diangetin atau masak nasi lagi. Saya baru saja menjalin keakraban dengan beberapa kawan baru di Sleman. Kawan sesama perih, dan yang terpenting sesama perempuan mengingat sangat jarang ditemui perempuan dalam dunia tukang repot ini. Baru juga saya mendapat jejaring yang lumayan welcome untuk berbagi informasi dan kegiatan.

Ya tidak serta merta terputus sih jejaringnya. Saya hanya harus melepas jalinan rantai untuk membentuk jalinan yang lebih banyak dan luas. Memulai dari nol lagi.

Ah intinya saya mau bilang saya bakal kangen nguntit Pak Bupati, nguntit para kepala dinas, main ke peternakan kambing, main di sawah, main ke kebon salak, ngurusin sampah, ngurusin perbaikan jalan berlubang, dan banyak banyak lagi urusan random lainnya.

Saya juga bakal kangen ditanyain Mas Os tiap pagi dan sore. Kangen dikasih ide tulisan khusus sama bliyo. Sekarang aja saya udah kangen. Karena yang nanyain udah beda.

Sekarang saya jadi anaknya Mas Wid. Lagi pedekate satu sama lain. Oh ya sama Mas Has. Kali ini saya nggak repot sendirian karena ada Bang Has. Masih bisa tatap muka cukup sering. Kalau pas di Sleman kemarin, sen-di-ri-an. Partnernya nyebar di kabupaten-kabupaten lain.

Tadi aja saya ngerepotin Mas Has untuk kali pertama. Saya bilang gitu karena tampaknya akan merepotkan bliyo di hari-hari orientasi berikutnya. Baik sekali bliyo mau ngajari nulis tentang bola-bolaan. Baik sekali menemani saya yang buta bola nongkrong di stadion nonton liga.

Keren sekali bliyo bisa mendeskirpsikan jalannya pertandingan di tulisan dia. Saya? Jangankan deskripsi. Nomor punggung pemain aja nggak terjangkau pengelihatan mata saya. Maklom. Lain kali butuh bawa teropong. Serius.

Intinya hari transisi saya dari Sleman ke bola bagian Sleman ini cukup aduhai. Semoga saya bisa bertahan. Bisa maksimal. Semoga bisa amanah. Bisa kuat. Sementara semakin ke sini kok muncul suara anu-anu dari rangorang yang anu-anu ke saya. Just wave and smile aja lah ya~
Jurnal berikutnya judulnya Anak Bola Karbitan (ABK). Oke? Okesip.


Yak, itu tulisan draft saya hampir sebulan yang lalu, hari pertama waktu saya jadi ABK. Tapi saya mau cerita hal yang lebih 'Sleman'. Mari sedikit kilas balik.


Kapan mulai jadi OSK?

Pertama kali saya menjadi OSK waktu itu ditandai pada saat saya main ke kantor humas (hubungan mas-mas) eh bukan, hubungan masyarakat. Dan hari itu juga saya memulai debut saya menjadi tukang repot di wilayah Sleman. Dalam sehari entah saya sudah salaman sama berapa puluh orang. Ngalah-ngalahin waktu hari raya. Dan hari itu pula saya cari bahan tulisan nyaris sampai Kaliurang. Dan dari hari itu pula keesokan harinya tulisan saya nongol di pojokan halaman. Seneng? Dikit. Banyakan malunya karena tulisannya masih acak-acakan. Tertanggal 2 Maret 2017 waktu itu.

Siapa partner saya selama di Sleman?

Selama jadi OSK, saya enggak banyak partner wara-wiri..weh..weh..weh.. Agak jarang gitu saya menggerombol janjian dengan sesama tukang repot lain. Ketemunya ya kalau ada agenda kegiatan dari pemkab. Bisa dikatakan saya tukang repot paling junior dan paling cupu se-kabupaten Sleman. Sebagian besar tukang repot sudah senior. Yaa minimal setahun pengalaman lah. Jadilah saya seringnya gabung dengan bapak-bapak, mas-mas, dan om-om (sebenarnya sampai sekarang juga masih begitu pergaulan saya jadi ABK).
Untung saya nemu sebiji dua biji sesama perempuan dan sebaya. Ah tapi itu tidak berlangsung lama. Mereka datang dan pergi. Saya sebut namanya deh, ada Mayang, Rizal, Sekar, dan Nuzul. Saat ini yang tertinggal di Sleman hanya Sekar dan Nuzul. Si Nuzul ini yang sering kangen sama saya katanya. Cie~ Baek-baek ya, Zul di Sleman~

Paling berkesan waktu cari bahan tulisan ke mana?

Nah ini. Banyak. Ini aja saya sambil mikir di mana ya jalan-jalan paling seru. Ah iya, saya ingatnya waktu sampai Turi, lihat ruwat mata air sama Mayang dan Rizal, ada Nuzul juga waktu itu. Sudah jauh-jauh ke lereng Merapi, sampai si Rizal kehabisan bensin eh sampai lokasi acaranya selesai. Apa lagi ya?
Membuntut kegiatan Pak Bupati. Ini juga seru. Berpindah dari satu tempat ke tempat lain secepat kilat. Cem pakai portkey (alat berpindah tempat yang di Harry Potter itu lho). Lebih sering saya ketinggalan jejak Pak Bupati karena bliyo pakai portkey sayanya cuma pakai sapu terbang yang belum fire-bolt. Pak Bupati, apa kabar? Saya kangen prasmanan di pendopo rumah dinas panjenengan. Hahaha.

Tempat paling sering dikunjungi di Sleman?

Masjid Agung Sleman menduduki posisi pertama. Saya sering ngaso di situ sambil nulis atau mikir mau nyari bahan tulisan ke mana. Kedua, pendopo rumah dinas bupati. Terlalu banyak agenda diadakan di sana. Haha. Ketiga, lapangan Denggung. Ruang terbuka publik di Sleman yang aduhai. Keempat, Indongampret di perempatan Gito-gati, saya lumayan sering ke sana untuk duduk sambil mengisi daya ponsel sembari nulis. Kelima, kantor humas, karena segala sesuatunya di mulai dari sana. Cieh~

Orang yang paling berkesan ditemui saat di Sleman?

Banyak. Pernah saya sebutkan sebelumnya, ada Bu Ayu, Bu Heni, Pak Nanang, Pak Sabarudin, Pak Bupati, Pak Ari, Pak Eko, Pak Agus, Mas Agus (Ya, banyak Agus yang saya temui di Sleman), Pak Aji, daaan banyak lagi yang mohon maaf saya sampai kelupaan siapa saja. Bliyo-bliyo itu semua yang baik sekali ke saya. Sehat selalu semuanya~

Kapan resmi copot jabatan jadi OSK?

Saya ingat betul hari itu 22 Maret 2017, saat kepala tukang repot mengadakan pertemuan di markas tukang repot. Beberapa tukang repot datang termasuk saya. Kami mendapat tugas bertukar posisi. Saya yang belum genap sebulan jadi OSK melongo kaget. Tampaknya yang lain pun demikian. Saya menggantikan Mas Sus yang mungkin sudah empat tahun menjadi tukang repot bagian olah jiwa dan raga. Dan Mas Sus mendapat tugas jadi tukang repot bagian sus..eh khusus.
Untuk resmi copot jabatan jadi OSK waktu itu 19 April 2017. Itu hari di mana saya menuliskan draft cerita di awal tadi.
Dan tulisan ini saya buat 15 Mei 2017, tepat di HUT Sleman ke-101. Cie~ Selamat hari jadi, Sleman. Senang bisa menjadi bagian dari 'dirimu' sebentar. Tetap menyenangkan dan adem yes.
Gitu dulu yah. Kalau mau saya cerita banyak soal waktu saya jadi OSK, sini deh ketemu sama saya. Saya pasti ceritakan apa-apa yang terlewat tidak saya sampaikan di tulisan ini. Kalau tidak mau ya harus mau~ Ehee~


Lama nggak corat-coret, sekalian biar senang~

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe