Anak Bola Karbitan (1)

Juli 19, 2017

Akhirnya saya memulai juga cerita tentang kita berdua. Lah, bukan. Ini tentang hal yang baru baru baru baru sekali saya jamah. Sama halnya ketika menjamah Sleman dan segala problematikanya beberapa waktu lalu. Masih menjadi bagian dari Sleman, saya pun dipercaya mengulik segala hal tentang olahraga di Bumi Sembada ini. Cieh. Meski sebenarnya saya juga menjamah daerah lain di Bumi Hadiningrat ini, tapi sebagian besar waktu dan cinta saya lebih banya dialokasikan ke kamu! Yailah, di Sleman. Hombal mulu dah.

Daripada kelamaan intro, yuk sini duduk manis dan sama-sama kita mengobrol masa depan kita, eh lah, baca aja dah pokoknya~


Memulai kebiasaan baru jadi anak nongkrong stadion dan lapangan bola di desa-desa sungguh menjadi suatu hal yang pada awalnya 'waduh' menjadi 'walah'. Iya, walah karena ketemunya orang yang itu-itu ajah~ Sampai kadang saya merasa saya ini sudah menjadi pemain cadangan salah satu klub bola, saking seringnya saya datang saat mereka latihan dan saat mereka pertandingan.

Sejauh apapun mereka latihan atau sekadar bertanding dengan tim lokal di desa-desa, saya ngikut ajah. Sampai suatu ketika...

 “Lohhh~ Amm! Sudah sampai sini saja kamuuu~”

Itu sapaan Om Freddy, pelatih saya. Ciaah. Kan saya sudah bilang kalau saya juga pemain bola bagian tukang sapu ketombe di lapangan. Jadi, waktu itu saya sudah mejeng di pinggir Lapangan Gendengan, Margoagung, Seyegan. Dah cobak googling dah di mana lokasinya.

Sore itu sudah banyak orang-orang mau jual motor mereka di pinggir lapangan buat beli rengginang stok Lebaran. Kayak gini~


Siap ditukar rengginang dan nastar satu kontainer~

Banyak orang yang menyambut Om Freddy dan rombongan sore itu. Saya yakin mereka semua adalah perangkat desa setempat. Om Freddy disilakan duduk sama bliyo-bliyo itu di bangku panjang di pinggir lapangan. Ee tapi bliyonya nggak mau.


“Iya, monggo saja Pak, saya berdiri dulu saja," gitu katanya.


Habis itu entah kenapa Om Freddy ngajakin saya ngobrol. Padahal saya mau mlipir dulu. Bliyo cerita pengalamannya naik Trans Jogja. Kayak seneng banget gitu bliyo keliling Jogja cuma bayar tiga ribu rupiah.

“Saya sampai hafal itu rutenya, Am (Bliyo panggil saya Am. Bukan, bukan Ambeyen ato Amnesia). Dari Concat itu saya naiknya, terus pindah beberapa kali. Lewat Malioboro, pokoknya lewat jalurnya sajalah~" (dibaca pakai logat Palopo-Suroboyoan yah biar pas)

"Ndak mampir turun main ke mana gitu, Coach (saya panggil bliyo gitu) ? Sendirian aja?"

"Ndaaak~ naik busnya aja sudah itu. Sendiri sajalaah. Menyenangkan sekali bisa muter-muter tahu tempat di Jogja~”

Sayanya cuma angguk-angguk sambil cengar-cengir aja. Nggak enak mau motong ceritanya bliyo banyak-banyak juga. Tapi habis bliyo beres cerita, saya nanya-nanya soal main di lapangan desa. Eeeh bliyonya cerita lebih panjang lagi.

“Waktu di Lamongan, Am. Suasananya juga seperti ini. Lapangan kita di pinggir jalan seperti ini. Pantura kan, jadi ramai banyak truk besar-besar lewat. Tapi untung lapangan agak masuk, tidak pas di tepi jalan seperti ini.”

"Tapi rame banget kayak gini juga, Coach?"

"Yaa sama sajalah, ramai begini juga menyenangkan to buat anak-anak tambah semangat,"

Dan banyak lagi yang dikisahkan bliyo ke saya termasuk entah kenapa bliyo nanyain kenapa bapak saya enggak ikut nonton bola di lapangan waktu itu. Padahal bliyo kenal bapak saya aja enggak. Gimana, Coach? Saya bakal dipek mantu? Ehehehe~

Begitu pertandingan dimulai sore itu, saya berdiri aja di pinggir sambil mengamati siapa-siapa yang main. Sambil nulis. Sambil motret. Sambil bikin martabak.


Eh ini bola apa cilok yah kok dikacangin~ ehehe

Kembali, saya pun betah nunggu mereka main sampai beres. Sampai azan magrib. Sampai buka puasa. Selama nunggu itu saya melihat masyarakat setempat buanyak banget yang nonton menuhin pinggir lapangan dan bikin jalanan macet. Hiburan lokal. Banyaaak banget yang ajak poto. Waktu itu saya sampe dikira antre mau ikut poto. Haha.


Paaah, kok aku dikasihin orang sih, aku bukan anak papah ya? (kata dedek gundul)

Heboh cyin kek diskon lebaran~

Satu orang yang saya incar waktu itu. Rossi. Bukan yang pembalap itu lho ya. Mas Rossi ini pemain yang dari first impression-nya cukup ramah ke saya. Makanya saya harus keep dia. Kejar terus, rajin-rajin dipedekatein. Hahaha. Gara-gara itu saya sampe digosipin yang iya-iya sama Mbak Est, teman sesama tukang repot saya.

“Mas Rossi! Udah pernah ada acara begini belum dulu di Madura United?”

Itu saya nanya agak teriak karena ketinggalan langkah. Rossi jalannya cepet beud euy. Akhirnya Rossi memelankan langkahnya. Kami jalan beriringan sambil ngobrol. Sementara semilir angin senja dan temaram mentari menambah syahdu suasana. Tatapan Rossi begitu syahdu sehingga..Ahelah~

“Mas, itu Mas Jodi kan ya?”

“Iya, Mbak. Oiii Mas Jodi! Ada Mbak ini mau nanya-nanya!”

Si mas yang punya nama Jodi pun nengok. Saya tinggalkan Rossi begitu saja di belakang. Nggak tau diri emang sayanya. Hahaha. Saya pun berlari ke arah Mas Jodi, disambut senyum aduhai gigi taringnya samaan kayak saya, sedikit mlengse dari tempat seharusnya. Hahaha.

“Halo Mas Jodi, saya bla..bla..bla..”

Saya kenalan sama Mas Jodi. Awal pengamatan saya ke Mas Jodi ini, dia tampaknya sangar gitu. Takut. Eh jebul medhok hore Jawa Timuran gitu. Nggak jadi serem dah.

Saya pun akhirnya bisa pedekate sama beberapa dari mereka yang lain. Saya ethel nimbrung mereka buka puasa makan nasi kotak di lapangan.

“Mbak minumnya mbak. Nasi kotaknya Mbak, saya ambilin yah?”

Itu Andik (bukan mas-mas katering), yang pagi harinya sudah saya teror dengan morning call karena saya butuh wawancara untuk bikin profil dia. Hehe. Tapi Andiknya sekarang udah nggak jadi pemain bola lagi, habis nikah dia keluar. Eh lhah jadi rumpi gini sayanya. Ehehe.

“Mbak, mau pisang Mbak?”

“Eh, enggak Mas, makasih. Buat Mas aja.”

Itu Mas Dirga. Dia ini pemain senior. Jujur pandangan saya terhadap pemain senior, apalagi pemain bintang kayak dia ini agak hmmh..senior nih pasti gini pasti gitu. Eh ini tiba-tiba dia duduk jejer saya sambil nawarin pisang.

“Ada dua sih ini Mbak, pisangnya. Nggak mau satu? Yakin? Beneran?”

Pengen sih pisang, tapi sayanya kenyang. Kok ya nggak tak terima aja pisangnya ya? Menolak pisang dari Mas Dirga menjadi hal yang saya sesali sore itu.

“Mbak asli mana?”

“Asli tanpa pengawet, Mas. Saya Amalia, Mas.”

Saya menyodorkan tangan saya, kenalan sama Dirga.

“Oh iya. Dari media mana mbak?”

“Saya dari mediana-diana kekasiiihkuu~ bla..blaa..blaaa..”

Ngorbol lah kami panjang lebar. Dan tentunya modus. Ngahaha.

“Mas, boleh minta kontaknya ndak? Hehe.”

“Oooh boleh boleeeh..”

Duh, sebentar. Saya sedang geli terngiang suara Dirga yang serak unyu gemes. Logatnya Minahasa kental pula. Pengen tak sampluk rasanya. Nggriseni kuping. Hahaha.

Lanjut. Sedang asik ngobrol dengan Dirga..

Pletak! Sraattt!

Saya kena ciprat air mineral. Basah muka saya kek habis wudhu. Ulah siapa? Itu Mas Riski. Pemain senior juga cem Mas Dirga.

“Eeeh Mbaaak..maaf kena. Aduuuh saya harus gimana nih biar dimaafin?”

“Ehehe nggak papa Mas. Kalau boleh sih minta kontaknya Mas Riski aja~”

Sumpah itu mendes banget sayanyaaa. Tapi bodoamat dah. Kapan lagi yekaaan bisa kenalan dan keep kontak pemaen senior. Lebih enak gitu minta langsung ke orangnya juga daripada diem-diem kek minta kontak gebetan ke temen yekaan. Hah~ so yesterday~ hahahaha.

“Wahaha..haduuh..boleh deh..”

Horeeee…


Jadi hari itu terasa menyenangkan ketika akhirnya bisa mengenal satu demi satu pemain bola itu dan sama Om Freddy juga. Dan harapannya sih saya bisa menjaga apa yang sudah dibangun ini bukan sebatas hubungan profesi sajah. Eaah. Seneng karena mereka welcome. Enggak, saya enggak akan bilang mereka welkom cem keset. Nah itu bilang? Nah biarin dah. Mau apa? Ha? Ha?

Hih. Intinya saya yang cupu dan miskin social-skill ini merasa beruntung dan masih harus bekerja keras keras keras keras lagi sampai ku bisaa~ aaa~ aaa~ aaaa~



Bersambung….



Eh, bonus penampakan Om Freddy deh..







Oya, saya nggak janji bakal rutin apdet serial Anak Bola Karbitan ini. Tapi saya masih terus nulis kok. Biar inget terus gitu apa yang saya alami biar bisa buat belajar saya juga. Selain itu dalam lima bulan terakhir ini banyak sekali yang terjadiii saya sampe bingung gimana menuliskannya satu-satu. Kalau mau dan bisa mah saya bakal banyak cerita secara lisan di dunia nyata~ ehehehe. Tapi tetep tunggu lanjutannya yak!

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe