Karawitan oh Karawitan

Februari 12, 2011

Saya mulai tertarik dengan dunia yang satu ini: KARAWITAN. Kenapa? Ya asik aja..bisa melestarikan budaya Jawa..hehe. Bukaan begitu juga..

Jadi begini, berhubung saya kuliah di jurusan 'kejawen' jadi mau nggak mau ketemu matkul Seni Karawitan. Sebenarnya saya enjoy dengan matkul ini, tapi saya masih merasa kurang karena seminggu hanya sekali pertemuan. Intine kurang maksimal aja kalo seminggu sekali, belom lagi kalo ujian kan harus bisa menguasai semua tabuhannya.

Sekitar pertengahan Januari lalu, ibu saya nawari untuk ikut kursus karawitan yang kebetulan pelatihnya temennya ibuk. Oke deh ikut.Yippy! Jarang kaaan kursus karawitan..ada juga pada kursus piano dll..ah basi itu mah..ahaha :p

Seminggu dua kali pertemuan, @ pertemuan 2 jam. Oya tempatnya di daerahTamsis. Pertama berangkat kursus...jeng jeng...temennya tua2..ada pak haji, pak polisi, pekerja kantoran, mahasiswa semester akhir..gitu2 dah. Yawes, ndak apa..yang penting aku ndang iso!

ada yang sudah tidak terawat :(


Saya sebenere pengen bisa maen bonang barung sama kendhang, soale dua instrumen itu yg nilainya paling tinggi pas ujian nanti..ehehe. Awalnya saya cuma disuruh nabuh demung dan instrumen kecil lainnya..ya pol mentok gong lah..nggak papa, ntar juga pasti bakal nabuh yang gedhe2..ihiy

Berhubung ketika itu saya masih nggabung kelas lama yang ternyata sudah mau ujian, saya jadi ikutan nabuh lancaran yang..yaa..susah. Ibarat manusia, baru lahir udah disuruh berdiri..ckck. Untung dikit-dikit saya masih bisa ngikuti. Kalo melihat senior2 pada maen gitu bawaannya njuk ndomblong..haha, lha apik banget e mainnya!

Pertama suruh nabuh, saya bingung! Lha instrumennya ga ada titilaras alias angka2 yang biasa tertulis di atas intrumen yang ada (di kampus di tulisin ee -__-). Njuk saya dibilangin sama Mbak Tiwi, anak kejawen '07 Kalo nabuh tuh didengerin bunyinya jangan liat angkanya...yaaelah Mbak, bunyinya sama semua ee nek belom kebiasa...ckck

Bukan tanpa hasil saya ikut kursus ini. Berkat kursus, saya jadi dapet 85 untuk nabuh bonang di kampus..wah kuwi wes alhamdulillah banget! tapi sayangnya tidak demikian untuk kendhang..karena memang susah.. (_ _")

So far, saya masih setia berangkat..ehe. Namun, mulai dua minggu yang lalu, saya sudah murni di kelas baru bareng peserta baru lainnya juga. Lancaran yang dimainkan pun masih lumayan bisa dijangkau.

Ehem, ada surprise juga di sini. Jadi, ketika saya dan teman saya Andri sedang asik ngobrol nunggu latian dimulai, ada motor dari kejauhan memasuki lingkungan Pendopo Manis Rengga tempat saya latian. Kok kayaknya kenal ya sama motor ini...Masya Allah! Saya baru nyadar kalo itu dosen Karawitan saya di kampus Pak Joemoel! Wah wah..podo wae nek ngene ki..

Pak Jomul itu, sebenere asik kalo ngajar, tapi kadang nggak kira-kira. Mosok belum lancar yang ini udah suruh yang ono..ckck. Seperti yang saya alami di latian kemaren, tiba2 disuruh main lancaran baru: SIMONEBAK dan itu sangat sulit! Saya kebagian gong dan kempul..wuedyaan..senam saya, kanan kiri, muter2 badan saya sampe pegel.


ini kempul..adekknya gong :p


Belom ketika saya di bonang barung, hambok tak thuthuk we ora saking bingunge. Romo, pengajar satunya lagi selain Pak Jomul, dengan sabar plus jengkel ngabani saya mbonang..aduh.. Romo ampuunnn... >.< Yang ngeluh juga ga cuma saya, hampir semuanya. Saya sampe rasan2 sama Andri lewat sms karena dia posisinya di depan dan saya di belakang. Hah..absurd!


ini kenong :)


Ada ga enak tapi ada enaknya juga, Romo mosok nyatetin saya titilarasnya..waha..maturnuwun Romo... :D Pak Jomul dan Romo ini memang malah seperti Eyang Kakung kami semua. Semangat mereka patut dicontoh, udah sepuh tapi masih semangat berbagi ilmu..huhu.


tulisannya Romo..itu kurang sebaris sebenere..(ngenyang :p)


Manfaat yang saya rasakan ketika saya maen karawitan adalah: MENGEMBALIKAN MOOD BAIK dan MENIMBULKAN MOOD BAIK. Beneran deh..musti dicoba tuh...(promosi :p) Saya pengen terus menekuni karawitan meskipun saya ga terhitung pandai nabuh, tapi saya akan berusaha! Yeah! Pokoke kudu iso! :D


picures taken with my Samsung B3310

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe