2 Hari untuk Selamanya

Juni 19, 2010

Bismillah..


Well, kemaren selama dua hari saya menjalani pelatihan ESQ. Yu no lah, awale males banget..aduuh ESQ ki yo cuma gitu-gitu aja..mending nek ngefek? Nek ora? I think it's just like wasting time.
Bertempat di auditorium UNY, dari pukul 6.30 pagi sudah banyak peserta yang datang termasuk saya. Clingukan nyari Erni kok belom dateng, Endro juga belom nongol..haduh..yasudahlah tak tunggu. Pas nunggu, loh kok pada mbawa kertas pink2 gitu ya? Apa gerangan itu? Langsung saya sms si Endro yang memang pas itu dia lagi sms aku nanyain udah rame apa belom. Ternyata itu formulir pendaftaran ESQ yang dikasihin pas balikin form2 registrasi..loh? kok? aku nggak dikasih ya sama petugasnya? Merasa tidak beres saya -..-

Nggak lama, saya ketemu Erni, dia udah sama temen barunya lupa namanya siapa hehe. Aku ceritakan semuanya kepada Erni. Dia menyarankan buat bilang ke panitia. Lama lama lamaa..bereslah sudah masalah FORMULIR yang ternyata ujung2e rakanggo herrrrrh~

Setelah itu, saya ketemu temen saya se-prodi bahasa Jawa, Anis namanya anak Magelang dan Wasi anak Jogja lupa dia prodinya apa hehe. Kami bareng terus selama ESQ hari pertama.

Tag-name sudah terpasang, sudah registrasi ulang, sudah beres..saatnya masuk ruangan. Mbak dan Mas e panitia pada pake baju item semua, macem layatan aja. Masuk ke ruangan dalam auditorium..wow..ada 3 layar gede di muka ruangan..dan ruangannya gede..bersih..love it, tapi adeemmmm...hehe

Duduk bersila bershaf-shaf. Pembukaan..perkenalan..dari sini saya melihat kalo ESQ yang ini keliatannya emang 'serius' deh dan nggak kaya ESQ2 yang umum diadakan. Kenapa? Panitianya aja rapi-rapi begono: yang cewek pake rok, blazer, jilbab item dengan name tag dikalungkan di leher, yang cowok pake kemeja, celana, bahkan jas item untuk trainernya dengan dasi yang juga item. Sound nya..mangstab! Lebih mangstab dari sound nya XXI! Visualnya..ini juga oke..sampe 3 layar maboy..(ya iyalah secara ruangannya gede banget). Pembukaannya aja langsung sama Pak Rektor dan ga diwakili sama pembantu rektor dsb, sama bakule ESQ alias yang punya lembaga ESQ nya Pak Ary Ginandjar yang ternyata juga alumnus UNY Honoris Causa Caracter Building juga ngasih sambutan langsung. Yo intine iki acarane serius..

Meskipun serius, saya masih merasa bosan awalnya. Materi demi materi..nah..ini..baru ada yang mengena..
Kami diajak untuk outer journey dan inner journey sama trainernya. Mengenal alam raya dan Penciptanya juga mengenal diri sendiri dan Penciptanya. Saya lumayan suka sama penyampaiannya, menarik, ini bukan promosi tapi pengalaman pribadi. Tak seterusnya saya suka ini, saya menderita karena duduk di dekat sound dan di bawah AC. Bayangpun..ketika diajak merenung..bukannya khusyuk tapi malah tangan dan kaki dinginnn gemeteran dan telinga pengeng akibat sound yang menggelegar plus jantung yang jadi dag dig dug karena sound effect nya, belom nahan pipis karena kedinginan..haaahhhhhhh...astoghfirulloh... >.<


Di sini saya suka waktu trainernya memeragakan gerakan sambil mengutip kalimat Allah di surat Asy-Syams: "Demi matahari dan sinarnya di pagi hari, demi bulan apabila ia mengiringi, demi siang apabila penampakannya, demi malam apabila menutupi, demi bumi serta penghamparannya, dan jiwa serta penyempurnaannya..."
Subhanallah..
Kenapa saya suka gerakannya? Karena bagus..sayang tidak bisa saya visualisasikan :( kalo mau digambarkan dengan kata-kata sulit juga e..panjang..hehe

Terus saya juga kagum dan membuat saya tersadar sampe mengucap Subhanallah berkali kali waktu diterangkan pembentukan alam semesta yang terbukti di surat Ar-Rahman ayat 37 yang artinya berbunyi:
"Maka apabila langit telah terbelah dan menjadi mawar merah seperti kilapan minyak.."

red rose nebula..15billion years ago..
Saya jadi merasa bodoh, kenapa surat yang begitu sering dibaca sampai-sampai saya nggak tau kalau ada sebuah makna seperti itu dan itu real terjadi! Subhanallah..
Nebula mawar merah sebagai awal terbentuknya alam semsta 15 milyar tahun lalu itu baru diketahui sekitar awal abad 20 padahal 1400 tahun yang lalu Rasulullah SAW sudah mendapat wahyu tentang itu..Beliau tahu tentang itu..subhanallah.. :)


Itu hari pertama..
Hari kedua, jujur masih ada rasa malas..hehe. Namun saya tetap berangkat kok..meskipun kepagian juga sampai sana nya. Kali ini saya gabung sama Erni, soale saya terpisah dari cs saya si Anis pas pengaturan tempat duduk, saya dipindah di depan tepatnya nomer dua dari depan.

Hari kedua ini klimaksnya, saya bener2 sujud pasrah tobat nangis minta ampun sama Allah..lega bukan main..enteng..hilang beban! Subhanallah...Alhamdulillah :D
Saya jadi mengenal diri saya, siapa saya, siapa Sang Pencipta, siapa Rasulullah SAW..

Belum berakhir hari kedua, masih perjalanan di hari kedua..
Ketika break dzuhur, habis makan saya dan Erni ke toilet dan memperbaharui wudhu. Eh lha kok masih antre aje..
Bukan Erni nek ga berpkir logis dan efisien. Dia wudhu di WASTAFEL! Sayang ga saya foto karena dianya muring-muring pas mau tak foto..lol. Dia berwudhu dengan nikmatnya, kaki diangkat dengan begitu fleksibel ke atas wastafel disaksikan oleh berpasang-pasang mata dalam toilet-- yang anda perlu ketahui toiletnya adalah toilet PRIA! tapi dipake sama cewek kok :p--
Selesai dia berwudhu, giliran saya juga wudhu di wastafel! KAPAN LAGI MENN?? Langsung..tapi kalo aku ga tega sama orang-orang di sekitarku jadi saya ga angkat kaki ke atas wastafel kayak Erni, kaki saya tetep di bawah dan saya membasuhnya dengan air sedikit demi sedikit..hehe
Erni, dia bilang ga perlu pake adat ketimuran yang penting efisien! Oke oke..saya kan anak bahasa Jawa jadi harus menunjukkan totokromo dan unggah-ungguh yang baik *ngeles :p


Setelah drama wudhu wastafel, kami balik ke ruangan soalnya keburu toet2nya dibunyikan sama kakak2 panitia. Toet2nya berbunyi macam bebek kamar mandi warna kuning itu lhoo..encciiitt enccittt gituu..bukan toet2 bakul siomay..lol

kalo ini bebek bunyi tandanya break selesai :p..enccitt encciiitt..
Sesi setelah ashar kita banyak maennya daripada renungannya..iya dong harus..mosok ga ada heppi nyaaa...
Pijit2an, joget2an, nyanyi-nyanyi..pokoke ngedan wae..hahaha
Ada bagian yang lumayan berkesan, pas dapet amplop ga taunya isinya tisu buat nyemir sepatu temennya, trus dapet lipetan kertas yang isinya sebuah kata yang diambil dari Asmaul Husna yang mungkin jadi teguran atau bahkan dari Allah buat kami..dan saya dapet kata PENYANTUN..I love this word!!

Nah, di training ini ada seorang trainer yang jadi bulan-bulanan trainer lainnya hanya karena beliau masih bujang. Namanya Kak Imam, saya bisa melihat bahwa dia memang benar-benar jadi idola kaum hawa di training ini. Saya dan Erni melihat dengan tidak sengaja seorang peserta perempuan diam-diam memotret Kak Imam ini dari kejauhan..nah loo nah loo..habis tobat lhoo..wahh ga baek inii..lol Sayang seribu sayang saya lagi-lagi ga bisa mengabadikan momen curi-curi ini gara2 posisi saya tidak strategis dan gampang terlihat panitia dan cellphone ku di dalem tas ndadak ngambil ndadak ribet.. :(

Trainer yang lain namanya Kak Reggy yang sudah senior dan Kak Yasin juga. Ada aja lawakannya. Ga usah saya critain lawakannya soale jadi ga lucu.. :p

Ga kerasa akhirnya penutupan..waaa..halah wa we wa we, awale wegah we..wkwkwk
Di penutupan ada yang suruh jadi sukarelawan buat jadi ketua angkatan ESQ ini. Seorang cewek dan seorang cowok maju. Mereka dinobatkan jadi ketua angkatan ESQ dan wakil ketua. Ternyata pendapat mereka sama dengan saya, awale MALES ning ujunge PENGEN NAMBAH..wakakkaka..

Huahh..memang, saya akui training ini bermanfaat banget. Beda dari yang lainnya. Dapet makan, snack, dapet AC -..- , dapet sound bledeg, dapet sertifikat, dapet temen baru, dapet pengalaman wudhu di wastafel lol, dapet tobat, nambah keimanan, dapet ilmu tentunyaa :D

Oya, saya juga mendapati Kak Imam nyanyi2 sendiri pas disetel lagunya Maliq n D'essential-untitled, Vidi-Nuansa Bening, dan I'm Yours-Jason Mraz. Nek Kak Reggy mah pede tenan nyanyi lagunya entah siapa pas itu walopun ujung2e lipsync..ckckck
Coba Dila ada, tak suruh nyanyi SORRY-SORRY nya suju sambil dance sekalian! Wakaka..enggak Dil enggak :p

Selesai acara, saya merasa agak kurang akan sesuatu..saya tetep keukeuh harus dapet gambar potret sesuatu. Saya motret auditorium yang udah mulai lengang sambil duduk di tepi ruang. Ah, masih kurang! Nekat saya nyamperin panitia2 yang lagi beres2. Mereka mau tak poto ga mau, malah menyarankan saya buat motret trainernya..mampuusss koe meelllll!!
Aku jujur malu nek suruh motret mereka, ning malah akunya ditarik sama mbak panitianya dan dihadapkan langsung dengan Kang Reggy dan Kang Imam..moddyarrrr...wakakakaka

Paling pas itu kacamataku wes luntur neng pipi warnane. Tau lah, saya tu pemalu banget apalagi sama orang yang belum dikenal dan terkenal :p kayak pas talkshow Raditya Dika, mau motret dari deket si Radit aja malu :(

Well, kembali ke masa saya dihadapkan sama Akang2 trainer. Si Embak yang 'makake' saya ke akang2 trainer itu narik saya dan bilangnya kok ke Kang Imam, "Kak Imam ada yang mau foto nih!" Hyaaaa..mbake membuat saya seolah fans beratnya Kang Imam..padahal oraa..aku fansnya Lee Min Hoooo!!! Kang Reggy nya malah yang nengok, "Oh mau foto ya? Oh foto Kak Imam dulu?" Hwaaaa..malah pie e?? Saya spontan jawab, "Ahah, ga usah berdua aja langsung..gapapa..hihi *senyum garing." Mbaknya bilang, "Kamunya foto sekalian enggak?" Bleeeehhh..ga usaaahh...malah ngopo jal? "ga usah mbak, saya yang motret." Eh ada yang nyeletuk, buat fesbuk ya?? kujawab enggak, buat blog! Jawaban yang salah! Akang2nya mlongo dan saya mau ga mau minta ijin foto mereka tak share di blog..lol


ini dia trainer saya selama 2 hari Kak Reggy dan Kak Imam Cheng Ho..ha..ha..ha..*ketawa garing
Nrothoki tenaaann..sampe fotonya agak blawurr..herrrrr~
Cukup sekali take aja deh. Kang Reggy nanya, "Namanya siapa?" Saya yang agak ling-lung spontan menunjukkan name-tag saya, dan menyebutkan nama saya, "AMALIA". Kang Reggy bilang, "Oh Amalia, sukses, saya doakan selalu.." saya balik bilang, "Iya, makasih.." sambil senyum dan berlalu..huuuffhhhh..
Oke, bagi saya yang pemalu dan ga pedean ini pengalaman yang lumayan berani yang pernah saya lakukan. Hah! >.<>


usai acara..*itu mbak jilbab abu2 yang nyeret saya ke Kang Imam -.-
Thanks a lot buat semuanya, tentunya untuk Allah SWT yang dengan baik hati memberikan saya hambaa-Nya kesempatan mengikuti training ini :)

You Might Also Like

4 komentar

  1. apiikkk...
    aq inget tuuu gyaa mas treineer nya pas demi mataharii...
    pas muter tu seerr...
    apik dek...wkwkwkw

    disuru joged2 tweenies juga...
    hahahay

    top dah...like dizz post...^^
    4 thumbs up bwd adek q nee...
    dd^^bb
    *kuwi sing 2 jempol punya sapa yaa??
    hahahy...^^bb

    BalasHapus
  2. he eh apik! wah pokokmen gayeng nek wes pas kui..wkwkwk
    he em, twinnies, yang mimpin pas itu Kang Imam jadi luweh serrrr~ ngono kesane *oposih

    minjem thumbs tetangga ya mbak? :p

    BalasHapus
  3. haha di sini saya wudhu selalu di wastafel loh. tapi ra ono sing moto! lol.

    p.s kak imam ga keliatan begitu muda deh. peace out!

    BalasHapus
  4. di share mbokaaann...haha ben nek dalam keadaan kepepet tetep bisa wudhu dengan nikmat..hhe

    fotone tepu, aslinya ga setua itu. ning yoben ra bakalan diprotes karo de'e :p

    BalasHapus

Subscribe