Flash Back (Part 2)

Juni 13, 2010

Tibalah hari H yang di—apa ya?—nanti seluruh murid kelas XII seluruh Indonesia. UJIAN NASIONAL..
Hari pertama, bahasa Indonesia dan Biologi. Cukup lancar, meskipun saat itu beberapa teman ngaku kalo sulit, well, yakinlah dengan apa yang kalian telah usahakan kawanku! ^^o
Hari kedua, bahasa Inggris. Lancar Alhamdulillah..untung wae listeningnya nggak blupuk-blupuk macem kalo latian ujian.(Lupa saya tuliskan di part pertama tentang latihan ujian putaran 1 – 5, intinya di latian ujian saya nggak pernah lulus! Sekalipun! Haha :p)
Hari ketiga, matematika, lha iki genthone metu..hau hau..jujur pas ini saya agak takut dan nggak pede. Yaa maklumlah dari sd nggak pernah akur sama matematika L ngerjain sebisanya wae lah. Eh saking groginya sampe lupa nulis nomer ujian di lembar soal >.<>
Hari keempat, fisika, ini wakilnya gentho. Lumayan bisa, lebih pede ngerjain fisika daripada matematika :D. Di latian ujian, soal yang paling ditunggu adalah soal mesin carnot karena soal ini bisa diselesaikan dengan perbandingan sederhana dan sedikit perkalian, ketika saya mengerjakan soal UNAS fisika soal seperti itu tidak muncul sodara-sodara! Haissshh~ alhasil pas udah rampungan keluar ruangan podo ngedumel dewe soal carnot ora metu!
Hari kelima, kimia, ini bendaharanya gentho. Lancar..seperti yang dibilang Pak Kus, soalnya banyak gambarnya. Hari terakhir harus semangat! Akhirnya kimia saya libas dengan senang hati, hehe. Selesai ujian, bukane pulang malah dijak Widya dkk jalan-jalan. Coba tebak kemana? Ke GALERIA! Bagi Anda mungkin terdengar biasa saja, tapi bagi saya, ini fantastis! Sebab saya seumur-umur belum pernah ke GALERIA :p. Jan cen cah ndeso..kuper..haha
UNAS selesai, ini belum klimaks. Masih ada UTUL UGM. Saya sebagai siswi kelas XII SMA alangkah wajarnya bila juga mengikuti perhelatan akbar semacam masuk universitas paporit. Memantapkan hati memilih jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian sebagai pilihan pertama, bertempat di gedung A Fakultas Ilmu Budaya UGM saya pun mengikuti tes masuk. Tak disangka ruangannya bersebelahan dengan ruang dosen bahasa Korea, oh maboy..saya jadi inget Selly dosen bahasa Korea UGM yang beberapa saat lalu membawa serombongan mahasiswa/i dari Korea Selatan L sempat terbesit rasa rindu rindu kepada mereka…
Ujiannya lamaa banget, sampe bisa saya tinggal tidur :p. yang paling susah adalah matematika dan fisika! Yang paling mudah adalah tes potensi akademik :p :D. Dengan istirahat hanya 15 menit untuk kemampuan IPA tak ada waktu untuk makan apapun..yodahlah nggak papa. Lanjut..selesai pukul 14.00 WIB.
UTUL UGM ibarat hanya anak tangga kedua untuk sampe atap. Senin setelah UTUL UGM, ujian praktek pun menanti..checkitout..
Hari pertama, uprak menulis bahasa Indonesia. Menulis esai, awalnya bingung mau nulis apa, akhirnya nulis esai yang berjudul TONG SAMPAH RAKSASA PEMBAWA BENCANA (kalo ga salah, lupa e). Isinya menyinggung masalah banjir, yang kala itu lagi jadi topik utama di berita nasional.
Hari kedua, uprak menulis bahasa Inggris. Esai lagi, saya menulis tentang TEACHING JAVANESE LANGUAGE IN SENIOR HIGHSCHOOL. Susah nyari kata-katanya, but well done, not too bad essay J
Hari ketiga, uprak senirupa, ini nih yang paling enjoy ngerjainnya. Selesainya cepet juga.. J
Hari keempat, uprak bahasa Indonesia, berbicara. Presentasi esai yang udah dibikin sebelumnya. Pas maju sempet lupa judul, le apal judule malah Mahendol, de’e malah ra apal judul esai ne de’e dewe..wakakakaa..cah edan. Setelah itu dilanjut TIK, gampang-gampang susah. Di sinilah ketauan mana yang gaptek dan enggak..muahahaha..soale cumak suruh mbikin worksheet di excel sama word. Saya termasuk yang agak gaptek di Ms.Word :p
Hari kelima, biologi dan bahasa Jerman. Untuk biologi, saya satu kelompok dengan Dila mendapat praktek uji bahan makanan. Sempat salah prosedur tapi nggak ketauan gurunya :p dan bisa kembali ke prosedur yang benar..seru! untuk bahasa Jerman, perkenalan sama angka-angka..lancar Alhamdulillah..
Hari keenam, uprak speaking English, ini juga mengenai essay yang saya tulis. Bedanya hanya diberi petanyaan seputar essay yang saya buat. Well done..cepet banget rampunge. Thankyou Miss Rosa, ILU :*
Hari ketujuh, kimia, saya ingat sekali dapet nomor undian dua untuk menempati meja nomor dua. Ketika itu saya belum ada pasangannya! Sempat panik sedikit takut ga ada pasangannya beneran. Tibalah Ahmad ‘John’ dia telat dan dia mendapat jatah menjadi patner saya, Alhamdulillah..anak Teknik Kimia UGM ini pasti bisa diandalkan :D. Melihat bahan-bahan kimia yang ada dihadapan saya, batin saya: diapain ya? Parah, ketok ra tau aktif neng praktikum :p. Bukan begitu..kata Bu Narti emang ada dua praktikum yang belum pernah diajarkan sebelumnya. Namun, kelihatannya sudah pernah deh praktikum yang ini. John, dia juga nggak tau mau diapakan bahan kimia yang banyak banget itu. Akhirnya, mendapat sedikit petunjuk bahwa itu adalah redoks! Yes! Saya ingat, ini ada zat yang kalo dicampur bisa jadi cermin perak cantik banget di tabung reaksi..capscuss! sebelum sempurna jadi cermin perak, saya sempet salah sedikit karena kesalahan jumlah tetesan zat tertentu..hadeh..repot emang..
Selesai kimia, masih ada agama. Terjadi keterlambatan sang penguji, mosok jam setengah satu belom juga mulai. Jujur di sini saya pribadi merasa dipersulit. Untuk tajwid saya Alhamdulillah lancar. Sholat Dhuha Alhamdulillah lancar walopun gerogi. Untuk doa sehari-hari..hmmm…yo ngono kae, marai sui..tapi akhirnya selesai juga kok.
Hari kedelapan, fisika! Geez…ini nih agak kacau. Saya satu kelompok dengan Ertha. Kami sama-sama nggak dong sama fisika. Apa boleh buat, harus dicoba apapun yang terjadi. Sumpah, kali ini aku beneran gembrobyoss..padahal hari itu hujan seharian dan udaranya dingin. Oke, percobaan pertama, rangkaian listrik mengukur hambatan dkk. Bingung ngerangkainya gimana..akhire dijajal-jajal sampe Bu Naim jengkel bisa juga..hehe. percobaan kedua, pegas, oke ini mah agak gampang..lancar..tapi kurang manteb soale ga bisa jawab pertanyaan dari Pak Sabdrun L
Hari kesembilan, penjaskes! Datang pagi-pagi, eh lah kok pintu lapbas lubang kunci gemboknya disumpeli sesuatu..jadi harus berlama-lama menunggu penjebolan paksa gembok oleh Pak Edi dan Mas Andri. Selesai dijebol langsung mulai untuk voli, servis. Poin 2 untuk servis atas yang ga out, poin 1.5 untuk servis bawah yang ga out masing-masing anak punya kesempatan 5 kali serve. Di sini yang dapet nilai perfect (10) adalah Mahe! Yaa..wajar..cah voli. selanjutnya adalah senam, ini senam lantai macam rol depan dan belakang dsb. Saya ga bisa rol belakang..tapi sukses untuk kayang! Fantastis sekali saya bisa kayang! Macam Raditya Dika yang sukanya kayang di mana aja :D. Setelah senam, ada lari..ini nih..saya kemperan aja..ga mau maksa, toh Pak Edi bilang ga usah cepet2an yang penting kalian lari aja. Huuffhh..selesai sudah upraknyaaa..
Ini belum berakhir, masih ada ujian sekolah, tunggu di part selanjutnya..jargaa.. ^^0

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe