AKU, MEPS, DAN BEPS

Maret 07, 2018

Penulis: Soca Sobhita & Reda Gaudiamo
Ilustrasi: Cecillia Hidayat
Penerbit: POST Press
Halaman: 89 halaman
Cetakan: II
Tahun: 2017
ISBN: 978-6-02-603040-5

Sebuah karya yang manis yang pernah saya baca. Kolaborasi ibu dan anak yang unyu. Sederhana saja isinya. Dikemas dalam sudut pandang Soca kecil tentang Meps dan Beps nya.

Melihat bagaimana seorang anak mendeskripsikan ayah dan ibunya dengan begitu polos. Dan juga melihat betapa imajinasi anak-anak itu luar biasa ajaib. Gemas membayangkan perilaku Soca saat masih kanak-kanak.

Hal-hal di keseharian Soca yang ia tuliskan juga membuat saya kembali memainkan ulang rekaman masa kecil saya. Masa-masa sekolah, masa-masa bermain bersama teman, saat-saat orangtua sibuk, dan pengalaman bersama hewan peliharaan.

Dari kacamata Soca kecil terlihat pula bagaimana peran orangtua Soca dalam mengasuh anaknya. Bahwa seorang ibu tidak harus selalu tinggal di rumah dan merawat anak. Juga seorang ayah pun tidak harus pergi ke kantor untuk bekerja. Meps dan Beps punya caranya sendiri dalam menjalankan kehidupan rumah tanggan dan juga dalam mendidik anaknya.

Kalau menghendaki bacaan yang ringan, buku ini bisa jadi pilihan. Saya sendiri belakangan cenderung memilih buku bacaan yang ringan dan tipis. Lumayan buat melarikan diri dari ke-embuh-an kenyataan. Hehe. Paling tidak bisa cengar-cengir sendiri membaca kisah Soca kecil dalam buku ini.

Dan selalu, buku dengan ilustrasi unyu menjadi pilihan saya karena lebih memanjakan mata. Dalam buku ini gambar-gambar gemas bikinan Mbak Cecillia Hidayat menyita perhatian saya. Suka aja gitu dengan cara Mbak Cecillia memvisualisasikan kisah-kisah Soca. Kuku dan Ruyu jadi favorit saya setelah gambar Sawi ‘Aku suka kamu’.

….
Ya, begitulah istrimu, Beps.

….
Bagaimana sih suamimu ini, Meps?


You Might Also Like

0 komentar

Subscribe