BERSEPEDA MEMBELAH PEGUNUNGAN ANDES

Maret 07, 2018

Penulis: Bambang Hertadi Mas
Penerbit: Penerbit Buku Kompas

“Bila kita terbiasa mengatasi masalah kecil dengan baik, niscaya masalah besar bisa teratasi dengan tuntas. Dan mustahil masalah besar akan terpecahkan bila masalah kecil selalu dianggap sepele.” (Halaman 90)

Perjalanan Bambang Hertadi Mas “Paimo“ menjelajah Amerika Latin. Dimulai dari La Paz terus menuju selatan melewati Andean Alti-Plano, Bolivia. Menembus padang pasir Atacama, Cile. Melintasi Patagonia, menyusuru tepian laut Atlantuk hingga tiba di Punta Arenas, ujung selatan Benua Amerika.

Perjalanan sejauh 5.423,8 kilometer yang sarat akan tantangan. Menghadapi cuaca panas terik, hujan badai, hingga hujan es. Kemudian melintasi danau garam juga gurun pasir. Berkemah di balik bebatuan, gundukan tanah, hingga di gorong-gorong. Bertemu dengan orang asing, berkomunikasi dengan bahasa sekenanya. Demam, mimisan, hingga kencing darah, semuanya dihadapi Paimo sendiri.

Kisah yang mengajarkan banyak hal, tentang keyakinan akan impian, kedisiplinan, konsisten, berpikir positif, tentang menghargai alam, untuk tidak mengeluh dan fokus terhadap tujuan, untuk menjadi lebih manusiawi, dan tentunya untuk selalu yakin bahwa Tuhan selalu memberi jalan bagi hamba-Nya yang berusaha.

Buku ini terdapat banyak foto dokumentasi perjalanan Paimo. Meski disajikan hitam-putih, tapi cukup untuk dijadikan pendukung kisah perjalanannya. Juga beberapa cuplikan sajak yang dikutip dari jurnal yang ia tulis selama perjalanannya seperti yang saya kutip di atas.

Banyak terdapat pengulangan terjemahan kata berbahasa asing seperti ‘pan’ yang berarti roti, 'estancia’ yang berarti peternakan besar, dan banyak lagi. Hal tersebut tidak mengganggu karena penulis banyak menyebut nama tempat dan istilah lain sehingga bisa membuat lupa arti kata yang dimaksud.


You Might Also Like

0 komentar

Subscribe