Berubah

Juni 20, 2014



Punya kawan-kawan lama, katakanlah kawan SMA, SMP, dan kawan lain yang sudah lama tidak bertemu? Satu kata yang pasti ada di pikiran ketika bertemu dengan mereka kembali adalah: berubah.  Perubahan secara fisiklah yang paling terlihat jelas. Akan diikuti dengan kesimpulan lain tentang mereka, bahwa ternyata sifat dan sikap mereka ternyata juga ada yang berubah.

Dulu yang waktu SMP cupu bin dekil, sekarang gantengnya minta ampun. Dulu yang SMA bandel, urakan, sekarang kalemnya udah kayak pak ustad. Ya, lingkungan, kedewasaan berpikir, dan berbagai faktor lainnya memang mempengaruhi perubahan itu.

Kalau perubahan dalam berbagai hal itu bisa diwujudkan dengan grafik atau tabel, saya ingin tahu seberapa jauh saya berubah dan apa saja yang telah berubah dari diri saya. Kenapa ingin tahu? Karena saya merasa saya tipe orang yang tidak banyak melakukan perubahan dalam diri saya.

Perubahan biasanya tidak disadari oleh orang yang dianggap berubah oleh orang lain. Mungkin itu kali ya, saya merasa tidak banyak berubah. Saya tidak banyak bertemu kawan-kawan lama, tidak banyak bertemu orang-orang di masa lalu saya. Jadi saya tidak bisa menilai sejauh mana saya berubah.

Pentingnya bicara berubah atau tidak? Ya kali aja saya berubah jadi buruk apa atau syukur saya berubah jadi baik. Perubahan pasti ada sebabnya to. Berubah itu pasti melalui proses yang merupakan sebab dari berubahnya sesuatu/orang.

Jadi,sejauh mana grafik dan tabel perubahanmu?

You Might Also Like

1 komentar

Subscribe